Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Viral, Pria Saudi Hadiahkan Unta ke Warga Amerika karena Berbuat Baik pada Putranya

Kamis 10 Feb 2022 05:15 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah

Hewan unta. Viral, Pria Saudi Hadiahkan Unta ke Warga Amerika karena Berbuat Baik pada Putranya

Hewan unta. Viral, Pria Saudi Hadiahkan Unta ke Warga Amerika karena Berbuat Baik pada Putranya

Foto: AP/Jon Gambrell
Unta dipandang sebagai hadiah paling berharga di Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Sebuah tayangan video menunjukkan seorang pria Arab Saudi menghadiahkan dua unta kepada pria Amerika sebagai tanda terima kasih lantaran kebaikan mereka terhadap putranya, blogger perjalanan Thawab al-Saubaie, ketika dia berada di Amerika Serikat (AS). Video yang diunggah ke Twitter itu kemudian menjadi viral.

Al-Subaie diketahui tinggal di AS selama beberapa tahun untuk belajar dan mendapatkan pengalaman kerja. Dari video yang dia unggah di Twitter, tampak jelas keluarga Amerika tersebut sangat ramah selama dia tinggal di negara mereka.

Baca Juga

Video tersebut menunjukkan ayah al-Subaie dengan murah hati menyambut para tamu Amerika, salah satunya bernama Sid Fritts. Dia memberi mereka sambutan tentang betapa bersyukurnya dia atas kebaikan dan keramahan mereka ketika putranya mengunjungi mereka di AS.

"Kami berterima kasih karena telah menerima putra kami kembali ke Amerika dengan cara sebaik mungkin," kata ayah al-Subaie dalam video tersebut, dilansir di Al Arabiya, Rabu (9/2/2022).

"Karena kami menghargai dan menyayangi Anda, hal yang paling berharga di hati kami dan di Kerajaan Arab Saudi adalah unta. Kami senang menyambut Anda dan unta-unta ini diberikan kepada Anda atas nama (keluarga) dan Arab Saudi," kata ayahnya.

Unta dipandang sebagai hadiah paling berharga di Arab Saudi. Karena itu, memberi hadiah unta kepada seseorang dipandang sebagai salah satu sikap paling terhormat dalam budaya Saudi.

Menurut situs pariwisata Visit Saudi, unta adalah hewan nasional Arab Saudi dan asli dari Semenanjung Arab. Unta memiliki sejarah panjang menemani orang Saudi yang tercatat sejak zaman dulu. Unta sering dianggap sebagai 'Kapal gurun' dan 'Ata Allah' (yang diterjemahkan menjadi 'Hadiah Tuhan').

Unta adalah bagian yang sangat penting dari warisan budaya Saudi karena dulunya merupakan bagian penting dari kehidupan mereka sebelum kendaraan, seperti mobil diperkenalkan ke dunia. Selama berabad-abad, unta memberi mereka banyak kebutuhan hidup dasar seperti transportasi, susu, makanan, dan pakaian.

Makhluk yang sangat banyak akal ini sangat mahal untuk dibeli. Umumnya harga unta berkisar antara 55 ribu dolar hingga 10 juta dolar AS.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA