Wednesday, 12 Muharram 1444 / 10 August 2022

Enam Hal yang Bisa Kita Lakukan Selama Bulan Rajab

Senin 07 Feb 2022 04:00 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah

Enam Hal yang Bisa Kita Lakukan Selama Bulan Rajab

Enam Hal yang Bisa Kita Lakukan Selama Bulan Rajab

Foto: Republika.co.id
Bulan Rajab telah datang, berarti Ramadhan semakin dekat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Rajab telah datang menghampiri kaum Muslimin. Dan itu artinya, bulan Ramadhan sudah semakin dekat.

Sementara beberapa tindakan ibadah tertentu selama Rajab diperdebatkan, seperti sholat dan doa tertentu, atau memilih bulan ini untuk berziarah. Namun, kaum muslimin dapat melakukan banyak perbuatan baik untuk mendapatkan manfaat dan mempersiapkan tamu favorit, bulan Ramadhan!

Baca Juga

Dilansir di About Islam, Ahad (6/2/2022), berikut enam langkah spiritual yang bermanfaat bagi Anda selama bulan Rajab

1. Pikirkan tentang niat 

Langkah pertama pikirkan niat. Anda dapat menerapkannya dengan niat untuk mempersiapkan mental dan fisik menyambut Ramadhan.

2. Cari pengampunan dan maafkan

Tidak perlu menyalahkan diri sendiri. Semua manusia berdosa. Berusahalah melakukan taubat nasuha dengan tulus. Mohon ampun kepada Allah, agar bisa mengawali Ramadhan dengan hati yang terasa ringan dan cukup kuat untuk beribadah dengan baik. Selain itu, cobalah memaafkan orang lain sehingga hati Anda tidak akan dendam atau sakit hati. Maka, Anda akan bebas untuk menikmati ibadah di bulan Ramadhan.

3. Berpuasa

Tidak ada riwayat otentik dari Nabi maupun para sahabat yang menyatakan ada keutamaan khusus dalam puasa di bulan Rajab. Puasa yang sama disyariatkan seperti pada bulan-bulan lainnya, misalnya Senin dan Kamis dan tiga hari pertengahan bulan Islam atau puasa berselang-seling.

Tidak ada cara yang lebih baik untuk mempersiapkan mental dan fisik selain berpuasa beberapa hari ekstra. Jadi, jika Anda belum pernah berpuasa pada Senin atau Kamis, mulailah setidaknya satu hari dalam sepekan!

4. Menahan hawa nafsu 

Mulailah melatih diri untuk melawan hawa nafsu. Misalnya, makan malam sederhana selama akhir pekan atau hindari biskuit dan permen sebagai gantinya. Ini akan mengatur irama bagi Anda untuk mengontrol nafsu di bulan Ramadhan.

5. Beramal

Di bulan ini lakukanlah amal shaleh dengan sadar dan niat untuk mencari ridha Allah. Pikirkan tentang perbuatan baik yang dapat Anda lakukan. Bantu seseorang, masak untuk seseorang, berikan pujian, buat ibumu tersenyum, dan bahkan berusaha menjauhi kebiasaan buruk seperti terlalu banyak menonton televisi.

6. Berdoa

Mohon ampun kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dan semoga kaum muslimin bisa sampai ke bulan Ramadhan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA