Sabtu 05 Feb 2022 06:19 WIB

Anak Zaskia Adya Mecca Sudah Divaksin HPV, Kenali Manfaatnya

Anak pertama Zaskia telah mendapat dua dosis vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Selebritas yang juga Duta Cegah Kanker Serviks, Zaskia Adya Mecca, mengajak para orang tua untuk memperhatikan kesehatan anak-anaknya. Ilustrasi.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Selebritas yang juga Duta Cegah Kanker Serviks, Zaskia Adya Mecca, mengajak para orang tua untuk memperhatikan kesehatan anak-anaknya. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Selebritas yang juga Duta Cegah Kanker Serviks, Zaskia Adya Mecca, mengajak para orang tua untuk memperhatikan kesehatan anak-anaknya. Salh satu yang ia terapkan adalah dengan memastikan sang buah hati mendapatkan vaksin Human papillomavirus (HPV) sejak dini. HPV adalah vaksinasi guna mencegah kanker serviks.

"Aku punya anak perempuan. Aku mulai aware. Sebagai orang tua kan kita memberikan investasi terbaik untuk anak-anak. Salah satunya investasi kesehatan. Investasi kesehatan itu kita bisa berikan kepada anak-anak dalam bentuk vaksin yang lengkap," jelas Zaskia saat diskusi daring, Jumat (4/2/2022).

Baca Juga

"Di Indonesia seingatku vaksin HPV tidak menjadi salah satu vaksin wajib. Alhamdulillah setahun atau dua tahun yang lalu tiba-tiba di sekolah dibilangin bahwa sekarang anak-anak perempuan yang usianya di atas 9 tahun ke atas akan mendapatkan vaksin HPV. Itu aku luar biasa bahagia banget," lanjutnya.

Zaskia menceritakan anak perempuannya, Sybilla, telah mendapatkan vaksin HPV dosis kedua pekan lalu. Sedangkan Kala yang akan berusia 9 tahun juga akan diberikan vaksin HPV.

 

"Alhamdulillah Sybil baru mendapat second shot-nya seminggu yang lalu. Dia usianya masuk 11 tahun. Aku merasa bersyukur sudah memberikan perlindungan ke dia sejak dini karena buat aku vaksin itu adalah haknya anak. Kewajiban orang tua adalah memberikan," ungkap Zaskia.

"Aku lakukan itu ke dua anak perempuanku juga. Satu usianya mau 9 tahun. Aku juga sudah bilangin, 'Kala nanti usia 9 tahun kamu akan dapat hadiah vaksin dari Bia'. Terus dia nanya kok hadiahnya disuntik. Tapi buat aku itu hadiah," sambungnya.

Istri Hanung Bramantyo ini juga menganjurkan kepada para perempuan di Indonesia khususnya para ibu untuk memberikan vaksin kepada anak perempuannya. Sebab, vaksin HPV merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah kanker serviks.

"Pertama, kita mulai dari diri sendiri. Lindungi diri kita juga dengan vaksin ini. Jangan lupa juga screening rutin dengan papsmear. Dan buat anak perempuan, please kita sekarang sudah 2022. Jangan sama kayak mamaku yang hidup di tahun 90-an yang nggak paham seperti ini. Kita harus lebih maju," ujar Zaskia.

"Kedua, kanker ini bisa kita cegah dengan vaksin. Kalau kita bisa cegah kenapa nggak kita lakukan? Karena ini bentuk perlindungan terbaik, investasi terbaik untuk anak-anak perempuan kita dan kepada diri kita juga," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement