Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

MuslimPreneur, Gebrakan MES dan 30 Organisasi Pemuda untuk Ciptakan Lapangan Kerja

Kamis 03 Feb 2022 12:51 WIB

Red: Hiru Muhammad

Dalam rangka memacu semangat kewirausahaan generasi muda bangsa, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) meluncurkan MuslimPreneur by MES pada Rabu, 3 Januari 2022, bertempat di Patra Jasa Office Tower, Jakarta Selatan.

Dalam rangka memacu semangat kewirausahaan generasi muda bangsa, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) meluncurkan MuslimPreneur by MES pada Rabu, 3 Januari 2022, bertempat di Patra Jasa Office Tower, Jakarta Selatan.

Foto: istimewa
BPS menyebutkan pada 2020 tingkat pengangguran terbuka mencapai 15,23 persen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Dalam rangka memacu semangat kewirausahaan generasi muda bangsa, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) meluncurkan MuslimPreneur by MES pada Rabu, 3 Januari 2022, bertempat di Patra Jasa Office Tower, Jakarta Selatan. Adapun MuslimPreneur by MES merupakan komunitas pemuda sebagai bagian dari program Talenta Wirausaha BSI yang sebelumnya telah diluncurkan Januari lalu. 

Selain kewirausahaan, MuslimPreneur by MES juga hadir untuk mendorong terciptanya lapangan kerja, khususnya bagi para pemuda. Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020 mencatat terjadi kesenjangan pemuda dalam hal lapangan kerja, di mana tingkat pengangguran terbuka mencapai 15,23 persen.

Baca Juga

Hal ini berarti, lebih dari 9 juta pemuda di Indonesia masih menganggur. Oleh sebab itu, MES membentuk MuslimPreneur sebagai ikhtiar untuk mendorong para pemuda Indonesia menjadi pemimpin di sektor ekonomi, baik itu melalui jalur wirausaha maupun profesional.

Acara peluncuran ini dikemas dalam bentuk gala dinner dan sesi diskusi yang mengundang 30 OKP dari berbagai kalangan. Hadir dalam gala dinner ini, Sekretaris Jenderal PP MES yang juga merupakan Komisaris Independen Pertamina, Iggi Achsien, Bendahara Umum PP MES sekaligus Direktur Utama BSI, Hery Gunardi, Ketua Komite Pemuda PP MES sekaligus Komisaris Independen BSI Arief Rosyid Hasan serta Ketua Komite Investasi PP MES yang juga menjabat sebagai Staf Khusus Menteri Investasi Republik Indonesia M. Pradana Indraputra.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal PP MES yang juga menjabat sebagai Komisaris Independen Pertamina, Iggi Achsien, Iggi Achsien menyampaikan, “Bicara soal pemberdayaan wirausaha dalam lingkup ekonomi dan keuangan syariah, kita jangan berhenti hanya di webinar atau seminar saja. Harus ada program konkrit yang benar-benar mendukung pemuda-pemudi Muslim berdaya dan naik kelas secara ekonomi.” Iggi berharap MuslimPreneur by MES hadir sebagai wadah yang memfasilitasi teman-teman muda dalam ikhtiar pengembangan usaha lokal di seluruh penjuru Indonesia.

Bendahara Umum PP MES sekaligus Direktur Utama BSI, Hery Gunardi yang sebelumnya turut meluncurkan Talenta Wirausaha BSI bersama Menteri BUMN Republik Indonesia sekaligus Ketua Umum PP MES, Erick Thohir dan Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia sekaligus Wakil Ketua Umum I PP MES, Teten Masduki, dengan antusias menyambut teman-teman OKP yang hadir pada acara ini.

“Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, sudah seharusnya Indonesia leading dalam hal ekonomi dan keuangan syariah. BSI siap membantu teman-teman muda dalam hal pembiayaan usaha, baik itu melalui program Talenta Wirausaha BSI maupun di luar program itu. Teman-teman bisa datang ke cabang terdekat untuk mencari tahu informasi lebih lanjut terkait hal ini,” ucap Hery.

Dalam inspiring speech yang disampaikan, Hery juga menekankan bahwa Talenta Wirausaha BSI dan MuslimPreneur by MES harus berkelanjutan agar dapat membantu batch selanjutnya; tidak sekedar menjadi program lepas saja.

Lebih dari satu dekade bergerak sebagai aktivis milenial, Ketua Komite Pemuda PP MES sekaligus Komisaris Independen BSI Arief Rosyid Hasan sangat memahami situasi di lapangan dan kebutuhan teman-teman muda. “Teman-teman aktivis ini sudah banyak memiliki mentor politik dan mentor di berbagai bidang lain. Namun selama ini, belum ada mentor ekonomi yang benar-benar mendampingi dan mendukung. Oleh sebab itu, hadirnya MuslimPreneur by MES hari ini menegaskan komitmen MES yang bekerja sama dengan BSI untuk mendukung teman-teman OKP sebagai wirausaha muda,” kata Arief.

Dalam sesi diskusi bersama para perwakilan OKP, Arief juga menyampaikan, “Hadir bersama kita Staf Khusus Menteri Investasi RI Pradana Indraputra. Di Kementerian Investasi pun ada program yang mendukung wirausaha naik kelas. Setelah selesai program Talenta Wirausaha BSI, ini bisa ditangkap oleh Kementerian Investasi untuk mencapai next level.”

Peluncuran MuslimPreneur by MES juga dihadiri oleh para pengurus PP MES, Wakil Ketua Komite Ekspor Halal PP MES sekaligus Chairman Rabu Hijrah, Phirman Rezha; Sekretaris Komite Pengembangan Organisasi dan Anggota, Razikn Juraid; Anggota Komite Sinergi Antar Lembaga, Komunitas, dan Keummatan, Muhammad Shujahri. Kehadiran MuslimPreneur by MES dan Talenta Wirausaha BSI akan saling melengkapi satu sama lain dalam mendorong lahirnya wirausaha Muslim muda Tanah Air yang siap berkompetisi di tingkat global.

Masyarakat Ekonomi Syariah diisi oleh tokoh-tokoh ekonomi nasional seperti Badan Pengurus Harian MES Ketua Umum, H. Erick Thohir; Wakil Ketua, Umum Teten Masduki; M. Lutfi; dan Bahlil Lahadalia. Ketua Dewan Pembina, KH Ma’ruf Amin; Ketua Dewan Pakar Perry Warjiyo; Ketua Dewan Penyantun M. Arsjad Rasjid. 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA