Rabu 02 Feb 2022 13:06 WIB

Konsumsi Minuman Alkohol Beri Dampak Langsung pada Kanker

Minuman alkohol menjadi penyebab langsung dari beberapa jenis kanker.

Minuman alkohol menjadi penyebab langsung dari beberapa jenis kanker.
Foto: www.freepik.com.
Minuman alkohol menjadi penyebab langsung dari beberapa jenis kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, 

Oleh: Umi Nur Fadhilah

Baca Juga

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alkohol adalah penyebab langsung dari beberapa jenis kanker. Dalam studi genetik skala besar baru-baru ini yang dipimpin Oxford Population Health dan diterbitkan dalam International Journal of Cancer, tim dari Oxford, Peking University, dan Chinese Academy of Medical Sciences, Beijing, bekerja menyelidiki varian gen yang terkait dengan konsumsi alkohol yang lebih rendah di populasi Asia.

Untuk melakukannya, tim menggunakan sampel DNA dari lebih dari 150 ribu orang dewasa, sebagian besar adalah wanita, dalam studi China Kadoorie Biobank. Tim mengukur frekuensi varian genetik toleransi alkohol rendah atau alel pada populasi Cina dan Asia Timur lainnya yang sangat terkait dengan asupan alkohol yang lebih rendah, untuk enzim aldehid dehidrogenase 2 (ALDH2) dan alkohol dehidrogenase 1B (ADH1B). Menurut NIH National Human Genome Research Institute, enzim adalah katalis biologis yang mempercepat laju reaksi kimia tertentu dalam sel.

 

University of Utah mengatakan alel adalah versi mutasi dari gen yang sama dan mutasi ini mengganggu fungsi enzim yang terlibat dalam detoksifikasi alkohol, menyebabkan senyawa beracun asetaldehida menumpuk di dalam darah. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), alkohol terurai menjadi asetaldehida, yang merusak DNA tubuh dan mencegahnya memperbaiki kerusakan. Badan itu mengatakan ketika DNA rusak, sel dapat mulai tumbuh di luar kendali dan menciptakan tumor kanker.

Oxford Population Health menjelaskan dalam rilis berita 20 Januari bahwa mutasi pertama adalah hilangnya fungsi mutasi pada gen untuk ALDH2 dan yang kedua mempercepat aktivitas ADH18, keduanya umum untuk orang Asia Timur. "Karena alel ini dialokasikan saat lahir dan tidak tergantung pada faktor gaya hidup lainnya (seperti merokok), mereka dapat digunakan sebagai proxy untuk asupan alkohol, untuk menilai bagaimana konsumsi alkohol mempengaruhi risiko penyakit," kata lembaga tersebut dilansir Fox News, Rabu (2/2/2022).

Data yang dikumpulkan digabungkan dengan kuesioner tentang kebiasaan minum, peserta diamati selama periode rata-rata 11 tahun melalui catatan asuransi kesehatan dan daftar kematian. Analisis utama difokuskan pada pria, sepertiga di antaranya minum secara teratur.

Di antara populasi penelitian Cina, frekuensi alel tolerabilitas rendah alkohol adalah 21 persen untuk ALDH2 dan 69 persen untuk ADH18 dan alel tolerabilitas rendah sangat terkait dengan pengurangan konsumsi alkohol pada pria. Selama masa tindak lanjut, sekitar 7,4 persen pria (sekitar 60 ribu), dibandingkan dengan 90 ribu wanita, mengembangkan kanker. Pria yang membawa satu atau dua alel dengan toleransi rendah alkohol untuk ADH1B memiliki risiko antara 13-25 persen lebih rendah dari kanker secara keseluruhan dan kanker terkait alkohol.

Selain itu, pria yang membawa dua salinan alel toleransi rendah alkohol untuk ALDH2 minum sangat sedikit alkohol, memiliki risiko 14 persen lebih rendah terkena kanker apa pun, dan risiko 31 persen lebih rendah terkena kanker yang sebelumnya dikaitkan dengan alkohol. Pria yang minum secara teratur, meskipun membawa satu salinan alel toleransi rendah alkohol untuk ALDH2, memiliki risiko kanker kepala dan leher dan kanker kerongkongan yang jauh lebih tinggi. Untuk non-peminum atau peminum sesekali tidak ada hubungan keseluruhan antara membawa satu salinan alel tolerabilitas alkohol rendah untuk ALDH2 dan peningkatan risiko kanker.

Temuan para peneliti itu sama ketika data disesuaikan dengan faktor risiko kanker lainnya seperti merokok, riwayat penyakit keluarga, dan pola makan. Hanya 2 persen wanita yang minum secara teratur dan alel yang dapat ditoleransi alkohol rendah pada wanita tidak terkait dengan peningkatan risiko kanker, yang menurut penulis mengindikasikan bahwa penurunan risiko pembawa varian gen ini pada pria dihasilkan secara langsung dari konsumsi alkohol yang lebih rendah konsumsi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement