Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Menag Yaqut Sampaikan Selamat Imlek

Senin 31 Jan 2022 18:22 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Menag Yaqut Sampaikan Selamat Imlek

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Menag Yaqut Sampaikan Selamat Imlek

Foto: Kemenag
Menag berharap di sepanjang tahun macan air ini segala persoalan dapat teratasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan selamat tahun baru Imlek 2573 Khongzili, Gong He Xin Xi, Wan Shi Ru Yi kepada seluruh umat Khonghucu di Tanah Air dan seluruh warga masyarakat yang merayakannya.

"Semoga di sepanjang tahun macan air ini segala persoalan dapat teratasi, dan kita semua senantiasa hidup dalam harmoni, damai, dan sejahtera," kata Yaqut melalui pesan tertulis kepada Republika, Senin (31/1/2022).

Baca Juga

Yaqut mengapresiasi tema tahun baru Imlek 2573 Khongzili. Yakni “Seorang Junzi (Insan Beriman dan Berbudi) Hidup dalam Tengah Sempurna, Xiaoren (Manusia Rendah Budi) Hidup Menentang Tengah Sempurna.”

Menurut Yaqut, tema yang diambil dari ayat suci kitab Khonghucu ini, menganjurkan agar semua masyarakat taat menjalankan ajaran agama dengan menjadi umat manusia dan warga negara yang baik. Masyarakat agar senantiasa mengambil jalan keselarasan dan keharmonisan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Karena itu, ia mengajak masyarakat Tionghoa untuk terus berupaya menjalani pola hidup keseharian yang seimbang, adil, toleran, dan moderat sesuai konsep ajaran Yin Yang.

"Caranya, dengan senantiasa memuliakan hubungan antara manusia, memuliakan hubungan dengan alam, dan memuliakan hubungan dengan Sang Maha Pencipta," ujar Yaqut yang saat ini sedang berada di Balikpapan untuk menghadiri Pelantikan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Untuk diketahui, sekarang kali ke-23 perayaan Tahun Baru Imlek secara nasional, tepatnya sejak Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), menetapkan Keputusan Presiden Nomor 6 tahun 2000 yang mencabut Inpres Nomor 14 tahun 1967. Menurut Yaqut, hal ini patut disyukuri sebagai wujud kehadiran negara dan pemerintah.

Ia mengajak semua pihak memanfaatkan momentum imlek ini untuk introspeksi diri, mengoreksi perjalanan tahun lalu dan merencanakan tahun berjalan. Hakikat Tahun Baru Imlek, kata Yaqut , adalah melakukan pembinaan diri dan perubahan ke arah yang lebih baik dengan semangat baru.

"Ini sesuai yang disabdakan Kungce, bila suatu hari dapat membaharui diri, perbaharuilah terus tiap hari dan jagalah baharu selama-lamanya. Selamat tahun baru Imlek 2573 Khongzili, Gong He Xin Xi, Wan Shi Ru Yi," kata Yaqut.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA