Ahad 30 Jan 2022 17:25 WIB

Gandeng BRI, KAI Optimalkan Pengelolaan Kas

Fasilitas Notional Pooling membuat pengelolaan kas konsolidasi KAI group optimal.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Logo PT KAI. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan fasilitas National Pooling.
Foto: kai.id
Logo PT KAI. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan fasilitas National Pooling.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan fasilitas National Pooling. BRI baru saja memperluas dan mengembangkan layanan perbankan dengan menggandeng KAI beserta anak usahanya dalam kerja sama fasilitas Notional Pooling

"Kerja samanya ini berupa optimalisasi pengelolaan kas konsolidasi di KAI group yaitu antara induk dengan anak perusahaan," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus kepada Republika, Ahad (30/1/2022). 

Baca Juga

Joni menjelaska, dengan fasilitas Notional Pooling tersebut maka pengelolaan kas konsolidasi KAI group akan lebih optimal. Dia menambahkan, kerja sama tersebut juga dilakukan agar pengelolaannya lebih efisien. 

"Ketika ini lebih optimal dan efisien maka dapat saling memberikan benefit bagi KAI group," ungkap Joni. 

Dia menambahkan, perusahaan akan berusaha untuk mewujudkan pengelolaan kas konsolidasi yang baik antara induk dan anak perusahaan. Dengan begitu menurutnya dapat memberikan dampak yang positif bagi perusahaan. 

"Ini memacu KAI grup untuk menuntaskan target-target yang telah ditetapkan dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," ujar Joni. 

Sepanjang 2021, KAI melayani sekitar 23 juta penumpang. Sekitar 10,1 juta penumpang diantaranya merupakan pelanggan KA Jarak Jauh dan sekitar 12 juta penumpang merupakan pelanggan KA Lokal. 

Joni menuturkan, jumlah tersebut turun 27 persen dibanding 2020 yang mencapai sekitar 31,5 juta penumpang. "Penurunn ini dikarenakan pada awal 2020 masih belum terdapat pembatasan mobilitas masyarakat serta kapasitas pada angkutan KA," ungkap Joni. 

Joni mengatakan, pada tahun ini KAI akan terus memberikan layanan terbaik kepada seluruh penumpang. Khususnya dengan menghadirkan berbagai inovasi serta peningkatan pelayanan. 

Sebelumnya, Direktur Institutional and Wholesale Business BRI Agus Noorsanto mengatakan fasilitas Notional Pooling merupakan layanan cash management dari BRI yang menawarkan mekanisme konsolidasi posisi saldo rekening peserta pooling. Layanan tersebut bertujuan untuk mengoptimalisasi pengelolaan dana.

"BRI meyakini, layanan Notional Pooling ini mampu menjadi solusi antara KAI beserta anak usahanya yang memiliki kebutuhan dana jangka pendek dengan yang memiliki dana idle. Keduanya dapat diwujudkan tanpa adanya perpindahan dana antar rekening," kata Agus dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (27/1/2022). 

Selain itu, Agus menuturkan Notional Pooling BRI memiliki berbagai keunggulan untuk memudahkan pengelolaan dan monitoring rekening perusahaan dengan transaksi real time online 24 jam. Selain itu juga mudah dioperasikan dengan teknologi yang user friendly.

Tak hanya sebagai solusi untuk mengoptimalkan pengelolaan dana perusahaan, Agus mengatakan, kerja sama tersebut juga dapat meningkatkan sinergi. Khususnya antara BRI dan KAI Group, serta BUMN lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement