Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rayyana Beauty

Manfaat Mencuci Wajah Secara Rutin Menggunakan Facial Wash atau Facial Foam

Gaya Hidup | Friday, 28 Jan 2022, 23:03 WIB

Rutin membersihkan wajah dengan facial wash atau facial foam sebelum dan sesudah menggunakan makeup ternyata memberikan banyak manfaat. Berikut diantaranya:

1. Membersihkan Debu, Kotoran, danMakeup

Tahukah kamu, sisa makeup serta debu dan kotoran yang tidak dibersihkan sebelum tidur, ternyata menyebabkan dampak yang sangat buruk.

Contohnya seperti infeksi bakteri, infeksi mata, bahkan wajah kamu akan mudah mengalami iritasi. Selain itu juga dapat merusak sel kulit wajah serta menghambat proses regenerasi kulit sehingga kulit sangat rentan mengalami kerusakan.

2. Mencegah Infeksi Mata

Maskara, eyeliner atau eyeshadow tentu merupakan bagian yang sangat penting untuk tampil cantik dengan bulu mata yang lentik dan berwarna indah. Namun tahukah kamu, jika dibiarkan terlalu lama dapat menipiskan bulu mata dan membuatnya rapuh.

Tidak hanya melindungi bulu mata, mencuci wajah juga sekaligus melindungi mata kamu dari infeksi akibat bahan kimia yang terdapat pada eyeliner dan eyeshadow.

3. Menjaga Kelembaban Kulit

Kulit wajah yang lembab sangat dibutuhkan supaya kamu bisa tampil percaya diri dengan kulit yang sehat. Maka dari itu, kamu harus rutin mencuci wajah terutama saat mau tidur dan setelah beraktivitas di bawah terik matahari.

Karena debu, polusi, dan sinar UV dapat menimbulkan berbagai macam masalah kulit, terutama pada wajah. Sehingga dengan mencuci wajah, bakteri maupun kotoran akan hilang dan air akan mengembalikan kadar air yang dimiliki kulit wajah.

4. Mencegah Jerawat dan Komedo

Pembersihan yang dilakukan dengan maksimal, akan mengurangi risiko munculnya jerawat atau komedo. Tidak terkecuali blackhead maupun whitehead.

Karena biasanya, komedo dan jerawat muncul akibat produksi minyak berlebih dan wajah yang kotor sehingga menutup pori-pori. Maka dari itu, mulai biasakan diri mencuci wajah terutama sebelum tidur.

5. Membersihkan Pori-Pori

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mencuci wajah akan membersihkan wajah secara menyeluruh sampai ke lapisan pori-pori. Dengan membersihkan wajah akan membuat pori-pori bebas bernapas dan tidak membesar.

Karena sebagian besar penyebab pori-pori membesar adalah banyaknya kolagen yang hilang. Sehingga pori-pori kehilangan bentuk dan tampak membesar.

6. Membersihkan Sel Kulit Mati

Mencegah penumpukan sel kulit mati itu penting. Karena dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan lebih banyak masalah. Termasuk membuat kulit wajah tampak kusam.

7. Memaksimalkan Perawatan Wajah

Membersihkan wajah sebelum melakukan skincare memang sangat dianjurkan. Karena dapat meningkatkan proses penyerapan skincare dan membuat efeknya lebih maksimal.

Sehingga lebih mudah bagi kamu meremajakan kulit wajah dan selalu tampil awet muda dengan wajah yang bersih dan kencang.

Cara Membersihkan Wajah yang Benar Menggunakan Facial Wash atau Facial Foam

Membersihkan wajah tidak bisa sembarangan, karena kamu harus melakukannya dengan cara yang tepat supaya hasilnya maksimal.

Berikut adalah cara tepat membersihkan wajah yang kami rangkum dari beautyplus.id:

1. Membersihkan Sisa Makeup

Foto: beautyplus.id

Terlebih dahulu, bersihkan sisa makeup yang kamu gunakan dengan menggunakan micellar water atau cleansing oil. Bersihkan sampai benar-benar bersih dan tidak terlihat lagi makeup yang tadi kamu gunakan.

Tujuannya supaya produk pembersih wajah yang kamu gunakan lebih mudah meresap dan berfungsi maksimal.

2. Gunakan Air Hangat

Sebelum memulai, siapkan air hangat untuk membasuh wajah sebelum mengaplikasikan facial foam atau facial wash. Tujuannya, membuka pori-pori kulit dan memudahkan facial wash atau facial foam untuk memberikan efek yang sempurna.

3. Membersihkan Area Wajah

Foto: beautyplus.id

Sekarang, basuh wajah kamu dengan air hangat lalu aplikasikan facial foam atau facial wash yang sudah kamu pilih. Jika menggunakan facial foam: Tuang produk pada telapak tangan dan usap perlahan pada wajah secara menyeluruh dan merata.

Namun jika menggunakan facial wash: Usap rata facial wash pada wajah dengan hati-hati. Saat penggunaan pembersih ini, lakukan sedikit pemijatan pada bagian-bagian wajah seperti hidung, pipi, dagu, dan dahi.

Setelah itu, diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

4. Bersihkan Juga Area Leher

Jangan lupa, aplikasikan juga pembersih wajah pada bagian leher yang biasanya juga terkena makeup. Karena makeup seringkali termasuk bagian penting saat menggunakan riasan wajah.

5. Keringkan dengan Handuk

Foto: beautyplus.id

Terakhir, keringkan wajah menggunakan handuk yang lembut dan tentunya bersih. Disarankan menggunakan handuk yang memang khusus untuk wajah. Lakukan dengan cara menepuk-nepukkan handuk pada wajah secara perlahan. Lakukan sampai wajah benar-benar kering dan terasa kencang dan kesat.

Jika sudah demikian, maka produk skincare yang akan digunakan akan lebih efektif. Tidak hanya itu, ternyata mencuci wajah dengan facial wash maupun facial foam memberikan manfaat lain yang bagus untuk kulit wajah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image