Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Kelompok Barongsai di Denpasar Mulai Terima Pesanan Pentas Saat Imlek

Jumat 28 Jan 2022 00:54 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Permintaan pementasan Barongsai datang dari sejumlah pengelola usaha di Bali. Ilustrasi.

Permintaan pementasan Barongsai datang dari sejumlah pengelola usaha di Bali. Ilustrasi.

Foto: Antara/Aji Styawan
Permintaan pementasan Barongsai datang dari sejumlah pengelola usaha di Bali

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG - Kelompok kesenian Barongsai dan Naga Liong di wilayah Kota Denpasar, Bali mulai menerima sejumlah pesanan pentas di berbagai tempat untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek 2573.

"Undangan job untuk pentas apabila dibandingkan dengan tahun lalu sudah lumayan ada peningkatan karena tahun lalu kami hanya satu kali pementasan saja. Namun tahun ini paling tidak sudah ada delapan job pementasan dalam satu hari saat Imlek nanti," ujar Ketua Pemuda Agama Khonghucu Indonesia (PAKIN) Denpasar Aldy Artha Sujana, Kamis (28/1/2022).

Baca Juga

Meskipun order pentas meningkat dibanding tahun lalu, menurutnya jumlah tersebut masih turun jika dibandingkan dengan permintaan pementasan saat sebelum masa pandemi Covid-19. "Kami yang tergabung dalam kelompok Barongsai Genta Suci Khongcu Bio sebelum pandemi Covid-19 bisa menerima hingga 15 pesanan untuk pementasan dalam satu hari pada tahun baru Imlek. Jadi ini masih sangat jauh menurun kalau dibanding sebelum pandemi," katanya.

Aldy menjelaskan, permintaan pementasan Barongsai tahun ini datang dari sejumlah pengelola usaha di Bali seperti pusat perbelanjaan dan hotel yang terletak di kawasan-kawasan pariwisata. Pihaknya memasang tarif pementasan barongsai dan naga bervariasi dengan kisaran tarif mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 3 juta. "Kalau tahun ini mayoritas yang memesan untuk pementasan barongsai dan naga kelompok Barongsai Genta Suci Khongcu Bio didominasi oleh hotel-hotel, mal hingga beach club yang ada di wilayah Kabupaten Badung khususnya Kuta dan Jimbaran," ungkapnya.

Sebagai persiapan sebelum tampil saat Tahun Baru Imlek, para pemuda yang tergabung kelompok itu terus berlatih intensif. Ketua Grup Genta Suci Khong Cu Bio Denpasar Feryo Winarto mengungkapkan, pihaknya telah melakukan persiapan untuk berlatih dari sekitar tiga bulan yang lalu. "Sebelumnya kami hanya seminggu sekali latihan, tapi beberapa hari terakhir ini karena Imlek sudah dekat kami latihan seminggu tiga kali dengan satu kali latihan durasinya hingga empat jam," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA