Kamis 27 Jan 2022 20:04 WIB

Live Score: Babak Pertama, Indonesia Tertinggal 0-1 dari Timor Leste

Indonesia bertemu dengan Timor Leste di Gianyar, Bali

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Akbar
Sejumlah pesepak bola Timnas Timor Leste berlatihan di Lapangan Gelora Trisakti, Badung, Bali, Rabu (26/1/2022). Laga persahabatan antara Timnas Timor Leste dengan Timnas Indonesia akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada Kamis (27/1/2022) besok.
Foto: Antara/Nyoman Hendra Wibowo
Sejumlah pesepak bola Timnas Timor Leste berlatihan di Lapangan Gelora Trisakti, Badung, Bali, Rabu (26/1/2022). Laga persahabatan antara Timnas Timor Leste dengan Timnas Indonesia akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada Kamis (27/1/2022) besok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia tertinggal lebih dulu saat menghadapi Timor Leste pada laga uji coba FIFA Matchday di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) malam WIB. Dengan skema serangan balik, Timor Leste berhasil mencuri keunggulan 1-0 atas Indonesia melalui gol Paulo Gali.

Tim asuhan Shin Tae-yong langsung memberikan tekanan ke lini pertahanan Timor Leste. Skuad Garuda bisa bermain dengan tenang dan lebih mendominasi jalannya pertandingan. Evan Dimas dkk bahkan menciptakan tiga peluang di 15 menit pertama yang datang dari Dewangga, Irfan Jaya dan Dedik.

Tim Merah Putih dengan percaya diri bermain-main di area pertahanan sambil membuka ruang untuk memberikan ancaman langsung ke gawang. Di menit ke-20 Sani Rizky melepaskan tembakan langsung saat ia mendapat ruang tembak dari sisi kanan area penalti. Namun sayang tendangannya hanya melesat di atas mistar gawang.

Tiga menit berselang, Dedik kembali memberikan tembakan langsung ke gawang meski dalam posisi membelakangi gawang di sisi kiri area penalti Timor Leste. Namun tendangan yang tak terduga itu juga masih belum tepat sasaran. Bola hanya menghasilkan tendangan kiper.

Di menit ke-25, Timor Leste akhirnya berhasil bangkit keluar untuk memberikan ancaman langsung ke gawang Indonesia. Serangan balik cepat dilancarkan oleh Paulo Domingos. Namun ia gagal mengimbangi kecepatan bola dan mendapat gangguan dari Fachruddin sehingga bola meninggalkan lapangan permainan.

Indonesia kembali mendapat peluang emas di menit ke-28. Ini seharusnya bisa memecah kebuntuan dalam pertandingan ini, sayangnya umpan tarik dari Kambuaya ke tengah gagal disambut oleh Irfan dan Dedik yang berada di mulut gawang. Skuad Garuda belum berhasil melakukan penyelesaian klinis hingga menit ke-30.

Di menit ke-33 Timor Leste kembali menciptakan peluang emas dengan skema serangan balik cepat. Namun, umpan terobosan dari Paulo kepada Mouzinho gagal dimaksimalkan. Sejurus kemudian, juga dari situasi serangan balik, Paulo akhirnya melakukan tugasnya hingga akhir menaklukkan Dewangga dan Syahrul Trisna, membawa Timor Leste unggul 1-0.

Indonesia mencoba membalas, peluang didapatkan dari situasi tendangan sudut di menit ke-38. Tendangan sudut pertama dieksekusi oleh Dewangga namun hanya menghasilkan tendangan sudut lainnya, percobaan kedua dilakukan Evan Dimas tapi tidak ada pemain Indonesia yang menyambut bola ketika itu melintas di mulut gawang Timor Leste.

Di menit ke-44, Indonesia hampir menyamakan kedudukan saat Irfan Jaya mendapat ruang tembak dari luar kotak penalti. Namun tendangan keras itu hanya membentur tiang gawang Timor Leste. Sejurus kemudian, Timor Leste justru mendapat peluang dari serangan balik.

Pada serangan tersebut, Paulo lepas dari penjagaan Edo sehingga memaksa Syahrul untuk melakukan pelanggaran demi menghentikan Paulo. Timor Leste pun dihadiahi penalti atas pelanggaran tersebut. Namun, penalti yang dieksekusi oleh Mouzinho berhasil digagalkan. Skor pun bertahan 1-0 untuk Timor Leste hingga turun minum.

Susunan pemain

Indonesia: Syahrul Trisna (kiper); Sani Rizki, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Edo Febriansyah, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Evan Dimas, Irfan Jaya, Ramai Rumakiek, Dedik Setiawan.

Cadangan: Ernando Ari (GK), Nadeo Argawinata (GK), Achmad Figo, Bayu Fiqri, Marselino Ferdinan, Hanis Saghara, Ronaldo Kwateh, Pratama Arhan, Muhammad Rafli, Terens Puhiri, Yabes Roni.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Timor Leste: Junildo Manuel (kiper); Filomeno, Jaimito Antonio, Joao Panji, Orcelio Nobelito, Cristevao, Dom Lucas, Jhon Frith, Mauzinho, Paulo Gali Freitas, Joao Da Costa.

Cadangan: Filonito (kiper), Mendonca Da Silva (kiper), Gumario Augusto, Tomas Sarmento, Yohanes Kapitan, Armindo Correira, Portela, Natalino, Santiago Xavier, Correia, Zenivio Morientes,

Pelatih: Fabio Maciel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement