Thursday, 8 Zulhijjah 1443 / 07 July 2022

Gejala Omicron yang Mungkin tidak Disadari Anggota Keluarga di Rumah

Jumat 28 Jan 2022 00:16 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda

Ilustrasi varian omicron dari virus penyebab Covid-19. Beberapa gejala infeksi omicron mungkin tidak dikenali oleh anggota keluarga.

Ilustrasi varian omicron dari virus penyebab Covid-19. Beberapa gejala infeksi omicron mungkin tidak dikenali oleh anggota keluarga.

Foto: Pixabay
Ketahui gejala Covid-19 yang terkait dengan infeksi SARS-CoV-2 varian omicron.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Virus corona jenis baru (SARS-CoV-2) yang menyebabkan penyakit infeksi Covid-19 telah menimbulkan berbagai gejala. Secara umum, demam serta kehilangan fungsi indra penciuman dan perasa menjadi di antara gejala yang dilaporkan orang-orang yang mengalaminya.

Dengan munculnya berbagai varian baru dari virus, gejala-gejala yang muncul cenderung berbeda. Seperti omicron, dilaporkan hanya 13 persen orang yang terinfeksi akibat varian ini mengalami gangguan pada indra penciuman atau pengecap.

Baca Juga

Sakit tenggorokan lebih sering terjadi pada orang-orang yang terinfeksi omicron. Di Inggris, keluhan ini tercatat memengaruhi lebih dari setengah mereka yang terinfeksi.

Orang Inggris mungkin tidak terbiasa dengan tanda-tanda infeksi baru ini. Apalagi, Layanan Kesehatan Nasional (NHS) tidak memperbarui daftar gejalanya sejak Mei 2020. Alhasil, banyak orang mungkin tidak mengenali tanda-tanda baru infeksi virus.

Anda patut khawatir jika anggota keluarga di rumah mengeluh sakit tenggorokan dan sakit kepala hebat. Bisa jadi, saudara atau pasangan yang berada di kediaman yang sama terlihat mengalami bersin-bersin lebih sering dari biasanya atau suaranya menjadi lebih serak ketika terkena omicron.

photo
Beda sakit tenggorokan biasa dengan gejala Covid-19. - (Republika)

Mengutip situs web NHS, Phil Day selaku kepala apoteker di Pharmacy2U, Inggris menjelaskan, gejala yang umum terjadi dari Covid-19 adalah demam tinggi, batuk terus-menerus, dan kehilangan atau perubahan indra penciuman atau perasa.

Menurut Day, ada beberapa gejala baru dari omicron cenderung diabaikan. Gejala itu dianggap sebagai penyakit lain, bukan infeksi virus corona jenis baru.

"Beberapa di antaranya adalah gejala yang mirip dengan flu biasa, seperti sakit kepala atau sakit tenggorokan," ujar Day, dilansir The Sun, Kamis (27/1/2022).

Baca juga : 7 Cara Jaga Kesehatan Mental Anak Selama Terkurung di Kamar Saat Isolasi Mandiri

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA