Kamis 27 Jan 2022 13:47 WIB

Jangan Anggap Remeh, Ini Manfaat Asuransi Mobil

Manfaat asuransi yang utama adalah memberikan rasa aman dan ketenangan bagi pemilik

Terkadang perlindungan kendaraan mobil kerap dianggap remeh dan dilupakan, padahal perlindungan ini memiliki banyak manfaat yang bisa membantu Anda sebagai pemilik mobil. (ilustrasi).
Foto: Foto : MgRol112
Terkadang perlindungan kendaraan mobil kerap dianggap remeh dan dilupakan, padahal perlindungan ini memiliki banyak manfaat yang bisa membantu Anda sebagai pemilik mobil. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Biasanya faktor utama pemilihan mobil saat membelinya dilihat dari kenyamanan dan harga. Namun menjaga serta melindungi kendaraan melalui asuransi juga jadi bagian penting saat membeli mobil.

Saat Anda membeli kendaraan mobil apa Anda sudah memahami mengenai perlindungan kendaraan mobil salah satunya asuransi? Jika tidak, mari simak perlindungan kendaraan mobil seperti apa yang wajib Anda miliki.

Baca Juga

Perlindungan kendaraan mobil

Terkadang perlindungan kendaraan mobil kerap dianggap remeh dan dilupakan, padahal perlindungan ini memiliki banyak manfaat yang bisa membantu Anda sebagai pemilik mobil. Karena terkadang memiliki antisipasi lebih baik, bukan menginginkan hal tak terduga terjadi, namun memiliki asuransi sama dengan menabung.

Terkadang jumlah tanggungan yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan asuransi kendaraan mobil lebih besar dari premi yang telah Anda bayarkan. Asuransi merupakan perlindungan kendaraan mobil yang perlu Anda miliki. Apa saja manfaatnya?

- Memberikan perlindungan pada kendaraan

Manfaat perlindungan kendaraan mobil atau asuransi yang utama adalah memberikan perlindungan pada kendaraan Anda. Perlindungan yang diberikan tidak hanya dari pencurian, namun juga perlindungan dari kerusakan maupun kejadian yang tidak terduga lainnya.

Tentu saja, membeli asuransi sebagai perlindungan kendaraan mobil Anda tidak hanya berfungsi untuk memberikan perlindungan apabila kendaraan Anda mengalami kecelakaan saja, ada berbagai macam manfaat lainnya yang dapat Anda peroleh, seperti memberikan nilai plus pada mobil, memberikan rasa aman dan ketenangan hati Anda.

- Membantu pertanggung jawaban pihak ketiga

Saat kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga, asuransi akan membantu Anda untuk bertanggung jawab pada pihak ketiga. Tak hanya korban kendaraan atau jiwa, asuransi ini juga menanggung kerusakan properti jalan dan bangunan yang rusak akibat kecelakaan.

- Membantu mengelola pengeluaran

Kejadian yang tak terduga dan menimbulkan kerugian pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit, kejadian yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja bisa mengganggu pengeluaran keuangan Anda. Biasanya saat pencurian terjadi, pihak asuransi akan menanggung sesuai jumlah dana yang telah disepakati sebelumnya.

Saat mobil mengalami kerusakan karena kecelakaan atau lainnya, pihak asuransi akan menanggung biaya perbaikan. Lebih daripada itu pula, Anda tidak perlu repot dan memikirkan apabila ada kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga karena pihak asuransi akan mengurusnya.

Baca juga : Bandara Halim Ditutup, 67 Unit Pesawat Dipindahkan

- Menambah nilai jual mobil

Kendaraan mobil yang memiliki asuransi kendaraan akan memastikan kondisi mobil segera diperbaiki apabila telah mengalami kerusakan akibat kecelakaan. Alhasil, mobil yang memiliki asuransi memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari harga pasaran.

- Memberikan rasa tenang dan aman

Kejadian yang menimpa Anda dan mobil Anda memang tidak bisa ditebak kapan akan terjadi, namun dengan memiliki asuransi kendaraan mobil, Anda tidak resah jikalau suatu saat akan terjadi kerusakan. Namun bukan berarti Anda bisa mengendarai kendaraan mobil dengan sembarang, Anda harus tetap berhati-hati karena mencegah tetap jauh lebih baik daripada mengobati.

Saat Anda memiliki asuransi kendaraan mobil, jangan memikirkan kapan akan menggunakannya karena sama saja dengan berharap kejadian buruk menimpa. Saat Anda memilih perusahaan tempat Anda membeli asuransi, perhatikan hal berikut ini:

  1. Sesuai kebutuhan

    Anda bisa memilih perusahaan asuransi mobil sesuai dengan apa yang disediakannya. Pilih yang memberikan perlindungan terbaik, ada baiknya Anda memilih yang menanggung seluruh kerusakan termasuk akibat pencurian.

Baca juga : Erick Thohir Nilai Perlu Ada Perbaikan Undang-Undang Keuangan

2. Bekerja sama dengan banyak bengkel

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah perusahaan tempat anda membeli asuransi telah bekerja sama dengan banyak bengkel. Hal ini tentu akan memudahkan Anda saat mobil membutuhkan perbaikan tanpa perlu sulit mencari bengkel. Dan pastikan bengkel yang bekerjasama dengan pihak perusahaan asuransi kendaraan mobil memiliki kualitas dan layanan bisa terjamin.

3. Memiliki layanan 24 jam

Kondisi mobil yang membutuhkan perbaikan tidak bisa ditentukan kapan akan terjadi, sehingga asuransi yang memiliki layanan 24 jam akan membantu Anda jika secara mendadak membutuhkan bantuan. Fasilitas layanan 24 jam ini akan membantu Anda merasa nyaman dan tenang kalau terjadi sesuatu di saat yang tak terduga.

4. Harga yang sesuai

Premi yang Anda bayarkan haruskan sesuai dengan layanan jaminan yang Anda dapatkan dari perusahaan asuransi kendaraan mobil. Traveloka kini hadir dengan layanan asuransi yang memiliki tarif kompetitif untuk mobil Anda. Jangan lupakan bahwa jenis mobil, tahun keluaran mobi, kondisi mobil sebelumnya itu mempengaruhi harga premi yang harus Anda bayarkan.

Itulah penjelasan singkat mengenai asuransi untuk perlindungan kendaraan mobil. Jangan lupa untuk mencari informasi terkait asuransi perlindungan kendaraan mobil melalui Traveloka, baik dari laman resmi maupun aplikasinya.

Traveloka kini bukan hanya menyediakan jasa layanan menyewa transportasi, hotel, permainan dan hiburan lainnya secara online. Lebih dari itu, Traveloka lebih menjangkau dengan menyediakan layanan asuransi terpercaya.

Cara mendaftarnya juga cukup mudah, Anda tidak perlu membuat perjanjian untuk survei kondisi mobil, yang Anda perlukan hanya mengisi secara detail tentang mobil Anda di Traveloka App. Pengajuan yang cepat karena menerima pengajuan selama 24 jam dan memiliki harga terbaik yang kompetitif untuk mobil Anda.

Baca juga : Remaja Jerman Berhasil Retas Sejumlah Mobil Tesla

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement