Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

RW 02 Krukut tidak Lagi Berlakukan Karantina Skala Mikro

Rabu 26 Jan 2022 15:23 WIB

Red: Ratna Puspita

Karantina skala mikro(micro lockdown) tidak lagi diberlakukan di wilayah RW 02, Kelurahan Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat, terhitung sejak Rabu (26/1/2022) hari ini. (Foto: Wilayah di Krukut, Tamansari, Jakarta)

Karantina skala mikro(micro lockdown) tidak lagi diberlakukan di wilayah RW 02, Kelurahan Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat, terhitung sejak Rabu (26/1/2022) hari ini. (Foto: Wilayah di Krukut, Tamansari, Jakarta)

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kasus aktif di RW 02 Krukut hanya 52 orang atau turun dari sebelumnya 140.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karantina skala mikro (micro lockdown) tidak lagi diberlakukan di wilayah RW 02, Kelurahan Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat, terhitung sejak Rabu (26/1/2022) hari ini. Wilayah tersebut kini sudah tidak berstatus zona merah Covid-19.

"Posko taktis juga sudah dibuka dan masyarakat sudah beraktivitas lagi seperti biasa. Micro lockdown' sudah tidak ada di wilayah Krukut," kata Lurah Krukut Ilham Nurkarim.

Baca Juga

Karim mengatakan, saat ini kasus aktif Covid-19 di wilayah RW 02 hanya mencapai 52 orang. Angka tersebut terbilang menurun drastis jika dibandingkan dengan jumlah kasus beberapa hari lalu yang mencapai 140 jiwa.

Ke-52 warganya yang masih dinyatakan positif itu tengah menjalankan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Pihak kelurahan tetap memberikan bantuan makanan dan pemantauan kesehatan kepada mereka demi mempercepat pemulihan.

Meski di wilayahnya sudah tidak diberlakukan micro lockdown, ia mengatakan, pihak kelurahan tetap melakukan pelacakan kasus (tracing) guna memantau penyebaran Covid-19. "Tracing kami juga sudah optimal, maksimal, menjangkau 1.000 lebih warga yg dilakukan tes usap PCR ataupun antigen," kata dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat (Jakbar) memberlakukan micro lockdown di empat RT kawasan RW 02, Kelurahan Krukut, Taman Sari, setelah ditemukan satu kasus positif Covid-19 pada 5 Januari 2022. Sejak itu, pihak kelurahan melakukan micro lockdown dan menggencarkan pelacakan ke seluruh wilayah.

Setelah beberapa hari pelacakan, temuan kasus semakin bertambah hingga akhirnya menyentuh angka 67 orang pada Kamis (13/1). Karena itu, pihak Kecamatan Taman Sari memberlakukan karantina skala mikro di 14 RT kawasan RW 02.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA