Selasa 25 Jan 2022 20:36 WIB

Asean Para Games 2022 Digelar di Solo, Gibran Jadi Ketua

Asean Para Games 2022 akan diikuti oleh 11 negara di Asean, termasuk Timor Leste.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Muhammad Fakhruddin
Asean Para Games 2022 Digelar di Solo, Gibran Jadi Ketua (ilustrasi).
Foto: Antara/Maulana Surya
Asean Para Games 2022 Digelar di Solo, Gibran Jadi Ketua (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Kota Solo bakal menjadi tuan rumah pergelaran Asean Para Games 2022. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, didapuk sebagai ketua panitia Indonesia Asean Para Games Organizing Committee (Inaspoc). 

Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun, memastikan Solo menjadi ruan rumah penyelenggaraan Asean Para Games 2022. Dia berterima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo yang mau menyelenggarakan pesta olahraga difabel Asia Tenggara tersebut di Indonesia.

Baca Juga

"Ada kompensasi pertandingan yang selama ini kita vakum, di Filipina vakum, di Vietnam vakum. Pak Presiden melakukan ini luar biasa. Dan kita akan melakukan ini maksimal untuk Solo dan Indonesia," ujar Senny kepada wartawan seusai audiensi bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, di kantor NPC Indonesia, Solo, Jawa Tengah, Selasa (25/1).

Dia menjelaskan, Asean Para Games 2022 akan diikuti oleh 11 negara di Asean, termasuk Timor Leste. Sebelumnya, ada tiga negara yang mengajukan tuan rumah Asean Para Games 2022 yakni Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Indonesia pernah menjadi tuan rumah Asean Para Games pada 2011.

 

"Itu jadi alasan. Memang, negara-negara lain percaya Indonesia," ucapnya.

Nantinya, NPC Indonesia akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terkait venue yang akan diperbaiki maupun ditambah. Dia menilai, masih banyak yang perlu dilakukan penambahan dan perbaikan lantaran Asean Para Games akan mempertandingkan 13 cabang olahraga (cabor).

"Kami hitung-hitung dulu. Manahan kan sekarang sudah siap ya. Kolam renangnya paling enggak. Itu juga mendesak," jelasnya.

Di sisi lain, Senny optimistis dengan persiapan para atlet NPC Indonesia dalam menyongsong Asean Para Games 2022. Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021 di Papua juga telah memunculkan bibit-bibit atlet baru. Karenanya, dia optimistis Indonesia bisa menjadi juara umum Asean Para Games 2022.

"Kami optimistis buat juara umum. Tetapi, itu izin Tuhan juga. Di atas kertas kami yakin. Di Malaysia kan jauh rekor kita. Kita mendapatkan emas 126, Malaysia 86, yang top rankingnya itu Thailand hanya 87 kalau nggak salah," paparnya.

Sementara itu, Gibran menyatakan baru saja mendapatkan informasi penyelenggaraan Asean Para Games 2022 bakal dihelat di Solo pada Juli mendatang.

"Ini luar biasa sekali kepercayaannya untuk Kota Solo. Tadi saya juga mendapat amanat untuk menjadi Ketua Inaspoc," kata Gibran.

Gibran memaatikan, dalam waktu enam bulan ini Pemkot dan NPC akan segera berkoordinasi. Kemudian segera memperbaiki venue-venue yang masih kurang baik.

"Tetapi saya yakin Solo sudah siap. Karena venue-venuenya sudah internasional. Ini luar biasa sekali untuk branding dan pemulihan ekonomi Kota Solo," imbuhnya.

Meski demikian, Solo akan berkoordinasi dengan enam kabupaten sekitar terkait persiapan venue untuk 13 cabor yang dipertandingkan. Selain itu, penyiapan akomodasi bagi para atlet yang akan bertanding.

"Pasti kami akan melibatkan kepala daerah se-Solo Raya. Semuanya nanti akan kami koordinasikan. Kebutuhannya apa untuk Para Games segera kami persiapkan. Apa kekurangannya. Waktunya agak mepet tapi kami akan siap," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement