Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Bupati Bogor Tugaskan Kepala DLH yang Baru Atasi Pencemaran Situ Citongtut

Selasa 25 Jan 2022 17:40 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Bangkai ikan di Setu Citongtut yang airnya menghitam tercemar limbah di Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/1/2022). Setu Citongtut diduga tercemar limbah industri yang menimbulkan bau tak sedap dan ikan mati.

Bangkai ikan di Setu Citongtut yang airnya menghitam tercemar limbah di Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/1/2022). Setu Citongtut diduga tercemar limbah industri yang menimbulkan bau tak sedap dan ikan mati.

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Baru-baru ini ribuan ikan mati di Situ Citongtit diduga karena pencemaran limbah.

REPUBLIKA.CO.ID, CIBINONG -- Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin menugaskan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang baru, Ade Yana Mulyana, untuk mengatasi pencemaran di Situ Citongtut yang menyebabkan ribuan ikan mati.

"Kejadian baru-baru ini ribuan ikan mati di Situ Citongtut, Kecamatan Gunungputri, karena pencemaran limbah atau sebab lainnya harus segera ditangani," kata Ade Yasin saat pelantikan tujuh pejabat eselon IIB di Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bogor di Cibinong, Bogor, Selasa (25/1/2022).

Kejadian matinya ikan dalam jumlah besar di Situ Citongtut Kecamatan Gunungputri bukan yang pertama, melainkan kesekian kali terjadi pada setiap awal tahun.

Ia meminta Ade Yana melakukan investigasi penyebab pasti tercemarnya air di Situ Citongtut yang diduga akibat terkontaminasi limbah industri, dan melaporkan hasil investigasinya dalam waktu dekat.

"Turun ke lapangan, harus dicari penyebabnya, apa berasal dari limbah industri, siapa yang buang limbah ke situ," kata Ade Yasin.

Selain itu, ia menugaskan Ade Yana agar segera merealisasikan program tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) atau zonasi sampah. Ade Yasin merombak susunan pejabat eselon IIB yang sebagian besar menduduki kursi kepala dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Ia melantik tujuh pejabat eselon IIB yang terdiri dari kepala dinas, kepala badan, staf asli, serta asisten pemerintahan. Salah satu pejabat yang dilantik yaitu Ade Yana Mulyana menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dari sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan.

 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA