Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Jenis-Jenis Ruam yang Jadi Gejala Covid-19

Selasa 25 Jan 2022 16:53 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Jenis-jenis ruam yang menjadi gejala Covid-19 (ilustrasi).

Jenis-jenis ruam yang menjadi gejala Covid-19 (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Gejala Covid-19 tidak hanya terbatas pada sistem pernapasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam kasus virus corona, gejalanya tak hanya terbatas pada sistem pernapasan. Ini dapat terlihat di berbagai bagian tubuh juga dalam bentuk ruam, sakit kepala, nyeri otot dan lain-lain. 

Ruam kulit bukanlah gejala primitif Covid-19 seperti pilek, batuk, atau kehilangan penciuman dan perasa, tapi juga tak dapat diabaikan. Sesuai penelitian terbaru yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology, 8,8 persen dari mereka yang dites positif melalui tes swab dalam penelitian yang dilakukan pada 11.544 orang mengembangkan beberapa jenis masalah kulit lainnya. Berikut adalah lima jenis ruam kulit yang muncul dalam kasus Covid-19 seperti dilansir di laman Times of India, Selasa (25/1/2022):

Baca Juga

1. Digit Covid

Digit Covid juga dikenal sebagai jari kaki Covid-19 adalah benjolan merah dan ungu di jari kaki. Ini muncul dalam banyak angka, sehingga disebut sebagai digit Covid. Secara medis dikenal sebagai chilblains, kondisi kulit lebih umum terjadi selama bulan-bulan yang lebih dingin, tapi dalam kasus Covid-19, kondisi ini dapat muncul di musim apa pun. Karena benjolan, jari tangan dan kaki mungkin tampak bengkak, tapi tak menyebabkan iritasi. Seiring waktu, kulit bagian atas mungkin terkelupas dan bagian bawahnya mungkin tampak bersisik.

2. Eksim

Eksim adalah kondisi peradangan yang membuat kulit tampak meradang, gatal, pecah-pecah, dan kasar. Ruam sebagian besar gatal dan dapat berkembang bahkan pada orang yang tidak memiliki riwayat kondisi kulit ini sebelumnya. 

Eksim dapat muncul selama infeksi atau setelahnya dan biasanya berlangsung selama beberapa hari. Kondisi kulit yang umum sebagian besar mempengaruhi bagian-bagian yang terkena sinar matahari seperti leher, dada atau tangan. Tapi dalam kasus coronavirus, alasannya tak diketahui

3. Gatal-gatal

Hive atau gatal-gatal adalah sejenis ruam yang muncul secara tiba-tiba dan selama beberapa jam. Mereka adalah benjolan merah dan gatal yang dihasilkan dari reaksi kulit. 

Benjolan bervariasi dalam ukuran dan datang dan pergi dari waktu ke waktu ketika menderita infeksi apapun. Biduran bisa terasa gatal dan bisa muncul di beberapa bagian tubuh, termasuk paha, punggung, dan wajah. Menurut peneliti, kondisi kulit ini muncul cukup awal pada infeksi dan bisa bertahan lama. Jika bekas tetap muncul selama lebih dari enam minggu, kondisi kulit dianggap kronis.

4. Ruam mulut

Ruam mulut, juga dikenal sebagai enanthem, adalah tanda lain dari Covid-19. Ruam semacam ini muncul di bibir, membuat mulut terasa kering dan bersisik. Dalam beberapa kasus, bibir bahkan mungkin terasa sakit. 

Mulut bahkan bisa membengkak dari dalam yang menyebabkan kesulitan makan dan berbicara. Sesuai penelitian di Spanyol, tanda ruam ora muncul di mana saja dari dua hari sebelum timbulnya gejala Covid-19 lainnya hingga 24 hari setelahnya. Namun, tak ada yang bisa dikatakan dengan pasti karena setiap pasien mengalami gejala yang berbeda.

5. Pitiriasis rosea

Pityriasis rosea (PR) adalah ruam jinak yang biasanya dimulai sebagai bintik bundar atau oval besar di dada, perut, atau punggung Anda. Tambalan melingkar yang dikenal sebagai tambalan herald bisa mencapai lebar empat inci. 

Jenis tambalan ini sering dipicu oleh infeksi virus, sebagian besar di antara anak-anak dan dewasa muda. Bercak tersebar luas, gatal minimal, ruam kulit di perut, punggung atas, kaki dan lengan atas. Ini mungkin muncul empat sampai lima hari setelah timbulnya gejala dan terus muncul untuk sementara waktu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA