Friday, 26 Syawwal 1443 / 27 May 2022

Subuh Keliling, Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Ramaikan Masjid

Senin 24 Jan 2022 22:01 WIB

Rep: Ari lukihardianti/ Red: Muhammad Hafil

 Subuh Keliling, Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Ramaikan Masjid. Foto:  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan sambutan saat peresmian dan pengoperasian Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi I di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Senin (24/1/2022). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meresmikan Jalan Tol Cisumdawu Seksi I Ruas Cileunyi-Pamulihan yang memiliki panjang 11,45 kilometer. Ruas jalan tol tersebut mulai beroperasi pada Selasa (25/1/2022) dan gratis biaya tol bagi masyarakat selama dua pekan. Foto: Republika/Abdan Syakura

Subuh Keliling, Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Ramaikan Masjid. Foto: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan sambutan saat peresmian dan pengoperasian Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi I di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Senin (24/1/2022). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meresmikan Jalan Tol Cisumdawu Seksi I Ruas Cileunyi-Pamulihan yang memiliki panjang 11,45 kilometer. Ruas jalan tol tersebut mulai beroperasi pada Selasa (25/1/2022) dan gratis biaya tol bagi masyarakat selama dua pekan. Foto: Republika/Abdan Syakura

Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ramaikan masjid menjadi imbauan Ridwan Kamil saat Subuh keliling.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG---Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaksanakan Subuh Berjamaah Keliling di Masjid Agung Garut, Ahad (23/1). Kegiatan tersebut mengawali kunjungannya di Kota Dodol untuk meresmikan ruang publik alun-alun Garut. 

Saat ini, aktivitas keagamaan seperti subuh keliling (subling) mulai bisa dilaksanakan kembali beriringan dengan pemulihan ekonomi di tahun 2022. Oleh karena itu, Ridwan Kamil mengajak warga Garut mulai meramaikan lagi masjid hingga mushala terdekat untuk kegiatan keagaman layaknya subling dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. 

Baca Juga

"Saya lihat ada anak-anak muda dan ini merupakan wujud dari Jabar Juara Lahir Batin. Tolong dipertahankan," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil. 

Saat memberikan tausiyah, Emil mengaku bahagia. Karena subling di Garut sudah antusiasnya layaknya salat Jumat. Untuk itu, ia menyebut anak-anak muda yang hadir menandakan peradaban Islam akan tetap terjaga meski diterpa badai pandemi COVID-19. 

"Subuh berjamaahnya ramai seperti sholat jumat. Saya bahagia subuh akbar ini ramai oleh anak-anak muda, menandakan peradaban Islam akan tetap terjaga. Mari kita teruskan ke masing-masing daerah di seluruh Garut, Jabar juga Indonesia," paparnya. 

Emil menilai dengan ramainya Subling ini memberikan rasa optimisme dalam mengarungi segala aktivitas di tahun 2022. Termasuk menandai kebangkitan acara keagamaan jemaah Islam di tanah Jawa Barat. 

"Insya Allah kebangkitan sudah dekat, mari bangkitkan kejayaan ini dengan subuh akbar dan subuh berjamaah ini," katanya. 

Selain itu, ia mengajak warga Garut untuk optimistis dalam menyambut tahun pemulihan ekonomi. Mulai menata kembali mimpi-mimpi yang berhenti sesaat akibat adanya pandemi. 

"Mari kita isi tahun 2022 dengan optimisme, karena optimisme itu seperti bensin bahan bakar yang akan membawa kendaraan cita-citq kita menuju impian kita masing-masing," katanya. 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA