Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

4 Kebutuhan yang Bisa Diatasi dengan Pinjaman Online

Ahad 20 Feb 2022 21:00 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

4 Kebutuhan yang Bisa Diatasi dengan Pinjaman Online
Pinjaman online bisa digunakan untuk berbagai hal termasuk dalam memenuhi kebutuhan disaat keuanganmu tak mencukupi. Berikut kebutuhan yang bisa diatasi pinjol.

Pinjaman online sudah menjadi produk yang begitu populer di tengah masyarakat. Kamu bisa menemukan penyedia layanan pinjaman online dengan mudah. Namun sebagai calon peminjam, kamu harus selalu jeli dalam memilih. Jangan sampai terjebak dalam jeratan perusahaan pinjaman online ilegal. 

Tingginya minat masyarakat untuk mengakses layanan ini tentu tidak lepas dari kemudahan dan proses cepat yang ditawarkan. Selain itu, dana pinjaman online juga bisa digunakan untuk berbagai hal termasuk memenuhi kebutuhan. Inilah salah satu keunggulan pinjaman online, jika dibandingkan dengan pinjaman lainnya yang disediakan oleh pihak bank. 

Meski begitu, pengajuan pinjaman online ini wajib kamu rencanakan dengan baik sejak awal. Hal ini penting, untuk memastikan kamu menggunakannya dengan tepat sasaran dan mampu melunasinya tepat waktu. 

Berikut ini ada beberapa kebutuhan yang bisa kamu atasi dengan mengandalkan pinjaman online:  

 

1. Kebutuhan mendesak/darurat

kebutuhan mendesak

Kebutuhan mendesak

Kebutuhan pertama yang bisa diatasi dengan menggunakan pinjaman online adalah kebutuhan mendesak atau darurat di dalam keuanganmu. 

Meski memiliki penghasilan yang memadai, bisa saja kamu tiba-tiba membutuhkan sejumlah dana mendesak untuk mengatasi hal tertentu. Misalnya, membayar biaya berobat pasca kecelakaan, membayar biaya renovasi rumah setelah banjir, dan berbagai hal lainnya yang tak ada di dalam anggaran keuangan.

2. Kebutuhan produktif

Mengajukan pinjaman online untuk memenuhi berbagai kebutuhan juga tak ada salahnya, asal kebutuhan tersebut adalah kebutuhan produktif. Artinya, kebutuhan ini haruslah kebutuhan yang dapat menambah atau meningkatkan pendapatan. 

Ada banyak kebutuhan produktif yang kerap menjadi alasan orang mengajukan pinjaman online, seperti: menambah modal bisnis, ekspansi bisnis, membeli kendaraan untuk mempermudah akses ke tempat kerja, dan yang lainnya. 

Namun, kamu tetap harus merencanakan pinjaman ini dengan matang. Utang merupakan beban di dalam keuangan, termasuk keuangan bisnis. Kamu akan memiliki kewajiban untuk mencicil dan melunasi utang tersebut sesuai dengan perjanjian awal dengan perusahaan pembiayaan. 

Pastikan kamu melakukan perhitungan dan melihat kemampuan bayar dengan baik, sehingga kelak pinjaman ini tidak sampai menjadi masalah di dalam keuangan.

Baca Juga:  Pinjol Ilegal Tanpa Pengajuan? Ini yang Harus Dilakukan" href="https://www.cermati.com/artikel/tiba-tiba-dapat-transferan-duit-dari-pinjol-ilegal-tanpa-pengajuan-ini-yang-harus-dilakukan" target="_blank">Tiba-tiba Dapat Transferan Duit dari Pinjol Ilegal Tanpa Pengajuan? Ini yang Harus Dilakukan

3. Biaya pendidikan 

biaya pendidikan

Biaya pendidikan

Mengajukan pinjaman online untuk memenuhi biaya pendidikan juga tak ada salahnya. Hal ini penting, terutama jika kuliahmu sudah ada di masa-masa akhir semester atau menjelang kelulusan. Daripada mengambil resiko menunda kelulusan, mengajukan pinjaman online untuk kebutuhan kuliah tentu akan menjadi pertimbangan yang paling tepat. 

Hindari untuk mengajukan pinjaman dalam jumlah yang besar, apalagi jauh di atas kebutuhan biaya pendidikan. Lihat kebutuhan biaya kuliah dan ajukanlah jumlah pinjaman online yang tepat.

Baca Juga: Aturan Baru OJK, Debt Collector Harus Bawa Surat Tugas dan Sertifikat saat Penagihan Utang Pinjol

4. Membiayai pernikahan

Pernikahan merupakan momen spesial yang selalu ingin digelar sesuai dengan keinginan kedua mempelai. Namun, hal ini juga tentu membutuhkan budget nikah yang tidak sedikit. Jika kamu dan pasangan masih kekurangan modal untuk mengadakan pernikahan, maka ajukan pinjaman online.

Selama merencanakan dan menyesuaikan nilai utang dengan kemampuan keuangan, maka melunasi utang pinjamanan online ini tentu bukanlah perkara yang besar. Kamu dan suami kelak bisa mencicilnya, sehingga utang pinjaman online ini menjadi lunas.

Ajukan Pinjaman Online dengan Alasan yang Tepat

Pinjaman online ini bisa didapatkan dengan lebih mudah dan cepat, sehingga cocok untuk menutupi kebutuhan yang mendesak seperti ini. Kamu bisa memenuhi persyaratannya dengan mudah. Selain itu, proses pengajuan hingga disetujuinya pinjaman online ini terbilang begitu singkat. Semua ini tentu akan sangat membantu kamu mengatasi masalah mendesak di dalam keuangan. 

Pastikan kamu memilih platform pinjaman online yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bandingkan antara satu dengan yang lainnya. Hal ini, untuk memastikan kamu bisa mendapatkan pinjaman online yang tepat dan bisa menikmati manfaatnya dengan maksimal.

Baca Juga: Kenali 8 Modus Pinjaman Online Ilegal dan Tips Hindari Jeratan Pinjol Abal

 

Sumber : https://www.cermati.com/artikel/4-kebutuhan-yang-bisa-diatasi-dengan-pinjaman-online
Disclaimer: Republika bekerja sama dengan YBM PLN dan BNPB membuka rubrik pertanyaan seputar bencana alam. Mulai dari informasi hingga tips saat menghadapi bencana. Kirimkan pertanyaan Anda ke email: newsroom@rol.republika.co.id.
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA