Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Kalteng Manfaatkan Olah Raga Sepeda untuk Promosikan Pariwisata Daerah

Ahad 23 Jan 2022 19:22 WIB

Red: Gita Amanda

Bersepeda (ilustrasi).  Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memanfaatkan olah raga sepeda sebagai salah satu sarana mempromosikan pariwisata dan kebudayaan yang ada di daerah.

Bersepeda (ilustrasi). Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memanfaatkan olah raga sepeda sebagai salah satu sarana mempromosikan pariwisata dan kebudayaan yang ada di daerah.

Foto: Piqsels
Promosi parowosata akan memanfaatkan acara Tour de heart of Borneo

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKARAYA -- Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memanfaatkan olah raga sepeda sebagai salah satu sarana mempromosikan pariwisata dan kebudayaan yang ada di daerah.

"Promosi ini akan memanfaatkan agenda atau event besar pada cabang olah raga sepeda yang bisa diselenggarakan di Kalteng," kata Penjabat Sekda Kalteng Nuryakin dalam acara Fun Bike ISSI di Palangka Raya, Ahad (23/1/2022).

Baca Juga

Nuryakin mengatakan, Gubernur Sugianto Sabran selaku Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kalteng telah menyampaikan kepada ISSI pusat, bahwa Kalteng akan menyelenggarakan acara besar pada cabang olah raga sepeda. Melalui agenda besar dimaksud, masyarakat maupun peserta dari luar Kalteng akan lebih mengenal pariwisata dan kebudayaan daerah, apalagi kegiatannya tentu tak hanya dilaksanakan di satu kabupaten, namun melibatkan sejumlah kabupaten dan kota sekaligus.

"Nantinya di setiap kabupaten dan kota yang dilewati akan ada pertunjukan seni dan budaya yang akan disiapkan masing-masing pemda," terangnya.

Untuk itu ia secara bertahap mulai melakukan pembenahan serta persiapan, khususnya terkait sarana prasarana yang dibutuhkan, seperti halnya trek atau jalur pesepeda nantinya. Ia yakin event tersebut akan memberikan banyak manfaat bagi daerah dan masyarakat, tak hanya dalam pengembangan olah raga sepeda, promosi pariwisata dan budaya, namun juga membantu memacu pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu Ketua Harian Pengprov ISSI Kalteng Rahmat Hamka mengatakan, sesuai arahan dari gubernur, diharapkan pengembangan cabang olah raga sepeda bisa berkolaborasi dengan dunia pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya.

"Kami mulai merancang suatu bentuk event yang dapat menjadi ikon, tak hanya ikon bagi Kalteng namun juga bagi Kalimantan," jelasnya.

Event tersebut nantinya adalah berupa Tour de heart of Borneo yang dipersiapkan bertahap. Nantinya tur tersebut diharapkan tak hanya antardaerah di Kalteng, namun juga lintas provinsi dan saat ini semua dalam tahap pengkajian.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA