Jumat 21 Jan 2022 10:17 WIB

Erick Thohir Kagum dengan Pemandu Wisata Cilik di Surabaya

Menteri BUMN Erick Thohir kagumi pemandu wisata cilik yang fasih bahasa Inggris

Rep: M. Nursyamsi/ Red: Christiyaningsih
Menteri BUMN Erick Thohir saat mengunjungi Kampung Wisata Lawas Maspati, Surabaya.
Foto: Tangkapan layar Instagram
Menteri BUMN Erick Thohir saat mengunjungi Kampung Wisata Lawas Maspati, Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terkagum-kagum menyaksikan sebuah inovasi yang dilakukan sebuah destinasi wisata di Surabaya, Jawa Timur. Adalah Irene, seorang gadis kecil berusia sepuluh tahun yang begitu fasih menjadi pemandu wisata (tour guide) dan menjelaskan kepada wisatawan menggunakan bahasa Inggris.

"Irene, 10 tahun, dengan lancar menjelaskan legenda Hanacaraka dalam bahasa Inggris kepada kami. Excellent!," ujar Erick dalam akun Instagram @erickthohir pada Jumat (21/1/2022).

Baca Juga

Erick menyebut kehadiran tour guide cilik di Kampung Wisata Lawas Maspati, Surabaya merupakan ide cerdas dalam melibatkan anak-anak agar sejak kecil sudah mencintai budaya dan kampungnya. Ia mengatakan destinasi wisata berbasis masyarakat ini menyajikan sejarah Surabaya zaman kolonial seperti sekolah Ongko Loro bekas sekolah rakyat.

Erick menilai kampung Lawas Maspati bisa menjadi percontohan mengemas budaya dan sejarah sekaligus memberdayakan UMKM. "Saya sangat senang sekali bisa melihat kampung ini menjadi percontohan kehidupan yang seutuhnya bagi Indonesia," kata Erick.

Menurutnya, Indonesia memang tengah dalam masa transisi di era modern. Namun Erick menilai kemajuan tersebut tak lantas melupakan nilai-nilai budaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement