Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi pada Hari Jumat

Jumat 21 Jan 2022 06:10 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat. Foto:   Seorang anak membaca Alquran. Ilustrasi Muslim. Ilustrasi anak Muslim.

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat. Foto: Seorang anak membaca Alquran. Ilustrasi Muslim. Ilustrasi anak Muslim.

Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Ada sejumlah keutamaan jika membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Terdapat banyak sekali keutamaan ibadah yang bisa umat Islam kerjakan pada hari Jumat. Di mana diketahui, Hari Jumat sebagai hari agung umat Islam perlu diresapi maknanya dan juga ibadahnya, salah satunya adalah dengan membaca Surat Al Kahfi.

Syekh Aidh Al-Qarni dalam buku Sentuhan Spiritual menjelaskan bahwa fadhilah ibadah di hari Jumat begitu banyak. Salah satunya sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Barang siapa melakukan wudhu dengan baik, lalu segera mendatangi sholat Jumat untuk mendengarkan khutbah dan diam, maka diampuni dosa-dosanya antara dirinya dengan hari Jumat. Lalu ditambahkan untuknya tiga hari lagi,”.

Baca Juga

Anjuran lain selain dalam hadits tersebut adalah membaca Surat Al-Kahfi. Terdapat sebuah hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Ad-Daruquthni dan Imam Baihaqi, “Man qara-a suratal-kahfi fil-yaumil-jumati adhaa-a lahu minannuri maa bainal-jum’ataini,”.

Yang artinya: “Barangsiapa yang membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat, niscaya Allah menyinarinya dengan cahaya selama antara dua Jumat,”.

Dalam lafadz yang tertulis, “Barangsiapa membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat, niscaya dia akan tersinari cahaya antara dirinya dengan Ka’bah,”. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Baihaqi.

Sementara, dilansir di El-Balad News, Jumat, para ahli fikih menyatakan bahwa diperbolehkan bagi umat Muslim untuk membaca surat Al Kahfi setelah matahari terbenam pada hari Kamis, malam Jumat. Sebab membaca Surat Al Kahfi memiliki keutamaannya tersendiri.

 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA