Wednesday, 7 Zulhijjah 1443 / 06 July 2022

Kemenkominfo Siapkan Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi di IKN Nusantara

Kamis 20 Jan 2022 14:00 WIB

Rep: fauziah mursid/ Red: Hiru Muhammad

Foto aerial kawasan ibu kota negara baru di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Foto aerial kawasan ibu kota negara baru di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara
IKN baru sebagai kota yang smart dan kompetitif di tingkat global

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan pembangunan infrastruktur layanan telekomunikasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal ini untuk menindaklanjuti pengesahan Undang Undang IKN baru sebagai kota yang smart, kompetitif di tingkat global serta mampu menjadi lokomotif transformasi negara Indonesia menuju inovasi teknologi berbasis green economy.

"Kementerian Kominfo siap melakukan pembangunan infrastruktur layanan telekomunikasi untuk mendukung konektifitas dan implementasi sistem Smart City atau Kota Cerdas di IKN Baru," ujar Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi dikutip dari siaran pers Kemkominfo, Kamis (20/1).

Baca Juga

Dedy mengatakan, sampai saat ini Kementerian Kominfo tengah melaksanakan pemetaan kebutuhan kapasitas jaringan backbone maupun jaringan akses/lastmile di IKN Baru. Jaringan meliputi infrastruktur penunjang perangkat aktif dan perangkat pasif untuk implementasi layanan fixed broadband dan mobile broadband. 

Selain itu, Kementerian Kominfo juga telah menyelesaikan desain infrastruktur jaringan telekomunikasi di IKN baru berdasarkan masterplan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS). "Sesuai hasil koordinasi antara Kementerian Kominfo dengan pihak terkait dalam rangka penyiapan layanan telekomunikasi menggunakan teknologi 5G untuk mendukung layanan publik dan penerapan Smart City di IKN Baru," katanya.

Dedy berharap pemanfaatan teknologi 5G pada IKN baru mampu mengatasi kendala sistem Smart City berupa latency atau tertundanya layanan telekomunikasi yang berpotensi terjadi pada saat menggunakan teknologi 4G. Sehingga penerapan sistem Smart City pada IKN baru dapat berlangsung dengan prima. 

Ia menambahkan, Kementerian Kominfo melalui BAKTI Kominfo juga akan membangun Palapa Ring integrasi di tahun 2022-2024 untuk menunjang konektivitas internet di ragam wilayah Indonesia.

Termasuk di IKN baru dengan menghubungkan jalur existing Palapa Ring tengah ke titik IKN baru melalui jalur kota Balikpapan. Rencana proyek ini kata Dedy, kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) untuk Palapa Ring integrasi telah berlanjut ke tahap rencana skema pembiayaan.

"Kementerian Kominfo siap melakukan langkah-langkah strategis untuk mengoptimalkan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan adopsi teknologi digital dalam menyambut Ibu Kota Negara baru, mewujudkan Visi Indonesia 2045, Kota Dunia Untuk Semua," katanya.

 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA