Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

4 Kecamatan di Takalar Diterjang Angin Puting Beliung, Belasan Rumah Rusak

Rabu 19 Jan 2022 21:55 WIB

Red: Nur Aini

Puting beliung. Ilustrasi

Puting beliung. Ilustrasi

Foto: .
Pemprov Sulsel menyalurkan bantuan logistik ke korban puting beliung Takalar

REPUBLIKA.CO.ID, TAKALAR -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan menyatakan sebanyak 15 rumah mengalami kerusakan akibat diterjang puting beliung yang terjadi pada Selasa (18/1/2022).

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Takalar Alwaris, dalam keterangannya, Rabu (19/1/2022), mengatakan intensitas hujan yang tinggi disertai angin kencang mengakibatkan terjadinya kondisi cuaca ekstrem berupa angin puting beliung. Ia menjelaskan ada empat wilayah yang terkena yakni di Kecamatan Polombangkeng Utara, Mangarabombang, Galesong, Galesong Utara, Galesong Selatan, Pattalasang dan Sanrobone.

Baca Juga

"Adapun dampak yang ditimbulkan 10 rumah rusak ringan, lima rusak berat dan satu bangunan fasilitas umum berupa puskesmas rusak berat," katanya.

Secara rinci kejadian terjadi di Kelurahan Pattene, Kecamatan Pattallassang 1 kepala kelaurga (KK) terdampak, Desa Balangtanaya, Kecamatan Polombangkeng Utara (tiga KK).Lalu di Kelurahan Mattompodalle, Kecamatan Polombangkeng Utara (satu KK), Desa Lakatong, Kecamatan Mangarabombang (satu KK), Desa Kadarong, Kecamatan Galesong Selatan (satu KK), Desa Sawakung, Kecamatan Galesong Selatan satu KK. Selanjutnya Desa Mangindara, Kecamatan Galesong Selatan satu Fasilitas Umum (PUSTU), Desa Bontokanang, Kecamayan Galesong Selatan dua KK, Desa Pa'rasangang Beru, Kecamatan Galesong satu KK, Kelurahan Maradekaya, Kecamatan Pattallassang satu KK, Desa Tamasaju, Kecamatan Galesong Utara satu KK dan Desa Banyuanyara, Kecamatan Sanrobone satu KK.

Baca: Banjir Diatasi Cepat Saat Hujan Ekstrem, Anies: Atas Izin Allah

Baca: Wagub DKI: 28 Sekolah Kembali Pembelajaran Tatap Muka 100 Persen

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) menyalurkan bantuan logistik bufferstock BPBD Sulsel yang dilakukan BPBD Kabupaten Takalar kepada korban angin puting beliung di beberapa desa yang tersebar di berbagai kecamatan. Untuk itu Gubernur Sulsel Andi Sudirman meminta pemerintah daerah untuk melakukan penanganan secepatnya dan meningkatkan koordinasi serta berharap agar warga senantiasa meningkatkan kewaspadaan di tengah cuaca ekstrem.

"Hari ini kami telah mengirimkan bantuan melalui BPBD Sulsel kepada korban angin puting beliung yang terjadi di Takalar kemarin," ujarnya.

Baca:Banjir Jakarta Meluas ke 102 RT, Jumlah Pengungsi Bertambah

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA