Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Lewandowski Bangga Penghargaan FIFA, Canangkan Ambisi Bersama Timnas Polandia

Selasa 18 Jan 2022 17:48 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Presiden FIFA Gianni Infantino berbicara dengan pemenang penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2021 Robert Lewandowski selama Penghargaan Sepak Bola Terbaik FIFA sebelum Penghargaan Sepak Bola FIFA Terbaik 2021 di Zurich, Swiss, 17 Januari 2022.

Presiden FIFA Gianni Infantino berbicara dengan pemenang penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2021 Robert Lewandowski selama Penghargaan Sepak Bola Terbaik FIFA sebelum Penghargaan Sepak Bola FIFA Terbaik 2021 di Zurich, Swiss, 17 Januari 2022.

Foto: EPA-EFE/Harold Cunningham
Lewandowski baru saja dinobatkan sebagai Pemain Terbaik FIFA 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Robert Lewandowski menjadi alternatif pilihan pecinta sepak bola di antara nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Terbaru, striker milik Bayern Muenchen itu baru saja dinobatkan sebagai Pemain Terbaik FIFA 2021. Dengan mengeklaim titel tersebut Lewy, sapaan akrab Lewandowski sukses mempertahankan gelarnya dari tahun 2020 sebagai pemain terbaik dunia.

Lewy menyebut penghargaan ini sangat berkesan untuknya. Apalagi, titel tersebut dapat dipertahankan secara dua tahun beruntun.

Baca Juga

"Saya pikir penampilan saya dalam beberapa tahun terakhir telah berkembang. Saya selalu senang memenangkan penghargaan individu karena itu juga penghargaan untuk tim saya. Apa pun yang saya menangkan, tim juga menang, dan itu membuat saya bangga," kata Lewy dilansir laman resmi FIFA, Selasa (18/1).

Reputasi Lewandowski tidak perlu dipertanyakan lagi. Ia mampu menunjukkan penampilan konsisten baik bersama Bayern Muenchen dan timnas Polandia.

Tercatat Lewy telah membukukan 51 gol dalam 45 pertandingan untuk klub serta negaranya selama 2021 kemarin. Ia juga membantu Die Bayern memenangkan Piala Dunia Klub FIFA dan gelar Bundesliga di tahun lalu. 

Lewandowski mencatatkan rekor di Bundesliga dengan mencetak 41 gol dalam 29 pertandingan. Pria 33 tahun bahkan mengasapi catatan milik legenda Jerman Gerd Muller, yakni 40 gol dalam 34 pertandingan selama musim 1971/1972.

Terkait torehan golnya, Lewy mengaku sangat menyesal bahwa sang legenda Bayern tidak bisa melihat catatan yang ia miliki. Lewy menyebut, rentetan gol tersebut sangat berarti bagi kariernya.

"Sangat berarti bagi saya untuk mengukur diri saya melawan legenda (Gerd Muller) besar dari sepak bola dunia, dan tanpa dia saya tidak akan memiliki tujuan atau motivasi itu. Jadi saya sangat bangga dengan rekor tersebut," sambung Lewy.

Di sisi lain, Lewy memiliki ambisi bersama timnas Polandia untuk bisa lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar musim dingin nanti. Mantan pemain Borussia Dortmund dan Lech Poznan mengeklaim ia dan tim Polandia akan berjuang habis-habisan untuk mendapat tiket tersebut.

"Itu pasti tidak akan mudah, tetapi kami siap untuk tantangan yang menunggu kami di babak play-off. Kami akan melawan tim kuat dan pemain luar biasa, tetapi tujuan kami adalah untuk berpartisipasi di Piala Dunia dan saya siap memberikan segalanya," kata dia.

Dalam sejarah enam tahun penghargaan The Best FIFA Football Awards, hanya penyerang asal Portugal Cristiano Ronaldo yang sebelumnya memenangkan penghargaan itu secara berturut pada 2016 dan 2017.

Berikut daftar Pemain Terbaik FIFA : 

2016 – Cristiano Ronaldo

2017 – Cristiano Ronaldo

2018 – Luka Modric

2019 – Lionel Messi

2020 – Robert Lewandowski

2021 – Robert Lewandowski

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA