Daop Surabaya Minta Masyarakat Waspadai Penipuan Rekrutmen KAI

Red: Muhammad Fakhruddin

Daop Surabaya Minta Masyarakat Waspadai Penipuan Rekrutmen KAI (ilustrasi).
Daop Surabaya Minta Masyarakat Waspadai Penipuan Rekrutmen KAI (ilustrasi). | Foto: Antara/Siswowidodo

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya meminta masyarakat untuk mewaspadai penipuan rekrutmen pegawai PT KAI, karena telah banyak laporan maraknya modus penipuan rekrutmen perusahaan itu.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan semua informasi rekrutmen KAI sepenuhnya menggunakan websiteatau laman dengan alamat recruitment.kai.id atau media sosial perusahaan @keretaapikita. "Kami tidak pernah melakukan proses rekrutmen melalui surat menyurat, baik mengirimkan berkas yang dititipkan melalui seseorang ataupun melalui email," katanya, Senin (17/1/2022).

Di samping itu, kata dia, KAI juga tidak memungut biaya apa pun dari pelamar, serta tidak pernah bekerja sama dengan agen perjalanan dalam proses seleksi pekerja. "Dan kami tidak ada sistem refund atau penggantian biaya transportasi dan akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi," katanya.

Oleh karena itu, Luqman meminta masyarakat untuk lebih teliti dan kritis jika mendapatkan pesan berupa pengumuman rekrutmen, selain dari sumber resmi perusahaan. "Kami tidak bertanggung jawab terhadap penipuan yang mengatasnamakan rekrutmen KAI," kata Luqman, menegaskan.

Baca Juga

Sebelumnya, PT KAI mendapat laporan adanya modus penipuan berupa pesan berantai melalui WhatsApp terkait lowongan KAI yang dikirimkan melalui email. Modus lain, adalah berupa surat undangan rekrutmen yang mengharuskan peserta untuk menggunakan agen perjalanan tertentu.

sumber : ANTARA
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Terkait


KAI akan Gunakan Anggaran Subsidi untuk Ini

Daop Surabaya Hadirkan Tarif Khusus KA Jarak Jauh Mulai Rp 50 Ribu

KAI Tutup Jalur Sebidang Dekat Stasiun Kemayoran Maret 2022

Nataru, Daop 6 Angkut Hampir 200.000 Penumpang

KAI Layani 844 Ribu Penumpang Selama Nataru 2021

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark