Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Lantik Pagar Nusa Riau, Gus Nabil Tekankan Pentingnya Kemandirian

Senin 17 Jan 2022 17:01 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama (Pagar Nusa NU), Muchamad Nabil Haroen saat menghadiri Harlah Pagar Nusa NU ke-36 di Pondok Pesantren Darurrahman, Kabupaten Pelalawan, Ahad (16/1/2022)

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama (Pagar Nusa NU), Muchamad Nabil Haroen saat menghadiri Harlah Pagar Nusa NU ke-36 di Pondok Pesantren Darurrahman, Kabupaten Pelalawan, Ahad (16/1/2022)

Foto: Muhyiddin/Republika
Pelantikan Pagar Nusa Riau dilakukan di Pesantren Darurrahman, Pelalawan, Riau

REPUBLIKA.CO.ID, RIAU – Ketua Umum Pimpinan Pusat Pencak Silat Nadlatul Ulama (PP PSNU) Pagar Nusa, Muchammad Nabil Haroen melantik secara resmi Pimpinan Wilayah Pagar Nusa Riau masa khidmat 2021-2026 di Pondok Pesantren Darurrahman Ukui, Pelalawan, Riau, Ahad (16/1). 

Dalam acara tersebut, pria yang akrab dipanggil Gus Nabil ini menekankan tentang kemandirian kepada ratusan anggota Pagar Nusa yang hadir dari berbagai daerah Riau.  

Baca Juga

"Kemandirian Pagar Nusa itu harus benar-benar kita bangun. Kita jangan pernah menggantungkan diri kita kepada siapapun kecuali kepada Allah dan pada diri kita sendiri," ujar Gus Nabil di Pondok Pesantren Darurrahman, Kabupaten Pelalawan, Riau, Ahad (16/1).  

Dia juga berpesan kepada para pendekar Pagar Nusa untuk mendukung penuh pengurus PCNU dan PWNU Provinsi Riau. Menurut dia, Pagar Nusa harus benar-benar menjadi pagar paling depan untuk menjaga NU dan bangsa ini.  

"Kalau di Riau jangan pernah merepotkan PCNU, PWNU. Pagar Nusa harus betul-betul menjadi support, seperti sumpah yang Anda bacakan tadi. Sebagaimna namanya Pagar Nusa harus menjadi pagar," ucap Gus Nabil.  

Usai melakukan pelantikan, Gus Nabil kemudian melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Pimpinan Cabang Pagar Nusa di tiga lokasi. Peletakan batu pertama dilakukan di Pondok Pesatren Darussalam, Pelalawan.  

Setelah itu, Gus Nabil melanjutkan perjalanan ke Pondok Pesantren Al Ma'arif di Kabupaten Bengkalis. Untuk menuju lokasi ini, Gus Nabil bersama rombongannya harus menempuh perjalanan hingga lima jam melalui jalur darat.  

Gus Nabil tiba di pesantren ini menjelang Maghrib. Setelah melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Cabang Pagar Nusa Bengkalis, dia pun melanjutkan perjalanan darat lagi menuju Kabupaten Kampar, yang ditempuh kurang lebih 4,5 jam.  

Gus Nabil tiba di Kabupaten Kampar sudah hampir tengah malam. Setelah jam menunjukkan pukul 00.00 WIB tepat, baru lah Gus Nabil melakukan peletakan batu pertama di lokasi yang ketiga, yang berada di Desa Sungai Putih, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. 

Ketua Pimpinan Wilayah Pagar Nusa Riau yang dilantik, Sulaiman Bashir menyambut baik peletakan batu pertama Kantor Cabang Pagar Nusa di tiga lokasi tersebut. Menurut dia, pendirian kantor tersebut akan dilakukan berdasarkan kemandirian Pagar Nusa, mulai dari penyediaan tanahnya hingga pembangunannya.  

"Dengan adanya peletakan ini saya pribadi terharu. Karena sejak dulu masang plang saja tidak bisa. Insya Allah dengan peletakan batu pertama di tiga titik tadi respon teman-teman baik semua," kata Sulaiman kepada Republika.co.id saat ditemui lebih lanjut, Senin (17/1). 

Acara pelantikan dan peletakan batu pertama tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Harlah Ke-96 Nahdlatul Ulama dan Harlah Ke-36 Pagar Nusa. Kegiatan ini juga dihadiri Bupati Meranti H Muhammad Adil, Kapolres Pelalawan AKBP Guntur, Majelis Pendekar H Zainal Suwari, Komandan Pasukan Inti Pagar Nusa Malik, dan Wakil Sekretaris PP PSNU Pagar Nusa Nasrul Fani.    

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA