Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

7 Jenis Kain Terbaik yang Nyaman untuk Bahan Seragam Kantor

Gaya Hidup | Monday, 17 Jan 2022, 11:09 WIB

Bahan atau kain menjadi sebuah hal yang penting untuk diperhatikan dalam pembuatan seragam kantor. Kedati fungsi utama dari seragam kantor adalah memberikan kesetaraan penampilan pada seluruh pegawai di kantor tersebut, namun tentu faktor kenyamanan juga perlu diperhatikan.

Kenyamanan pakaian akan berdampak sangat besar pada produktivitas pegawai yang menggunakan pakaian tersebut. Oleh karenanya, pemilihan bahan pakaian yang memberikan kenyamanan juga wajib diperhatikan. Berikut ini jenis-jenis bahan yang direkomendasikan untuk seragam kantor :

American Drill

“PAS” adalah kata yang tepat untuk menggambarkan kain yang satu ini. American Drill merupakan bahan kain yang memiliki ketebalan, kelembutan, dan kelenturan yang dirasa cukup.

Kain drill ini tidak terlalu tebal, tidak kasar saat digunakan, tidak kaku, dan mampu memberikan rasa adem saat dikenakan. Daya serapnya juga sangat baik, sehingga tidak membuat pengap berlebih.

Kain ini merupakan varian kain yang umum digunakan untuk pakaian kerja. Kain ini banyak di gunakan oleh konveksi seragam dan merupakan salah satu jenis kain yang menjadi primadonanya bahan seragam.

Kato Drill

Secara tekstur kain ini mirip dengan American Drill dan memiliki serat kain berukuran sedang. Kato Drill sedikit lebih tebal dan kaku kendati tetap nyaman dipakai.

Penggunaan kain ini dalam pembuatan seragam kantor memberikan kesan yang lebih formal dan berkelas.

Castilo Drill

Castilo drill merupakan salah satu jenis drill yang tidak terlalu tebal, lentur, namun sedikit kasar bila dibanding American Drill. Material kain ini kendati tipis namun memiliki daya serap keringat yang handal.

Selain itu dengan ketebalan yang minim, kain ini memberikan kelenturan yang baik sehingga sangat nyaman ketika digunakan untuk bekerja seharian.

Japan Drill

Jika anda ingin membuat seragam kerja dengan daya tahan tinggi, japan Drill bisa menjadi pilihan. Bahan kain ini cukup tebal namun tetap nyaman dan lembut.

Kain ini memberikan keawetan yang baik dan tentu saja memiliki harga sedikit di atas jenis kain drill lain. Kain ini sering dijadikan standar kain seragam kerja di perusahaan-perusahaan besar seperti televisi nasional.

Taipan Tropical

Taipan Tropical adalah kain yang umum dijadikan standar seragam kerja BUMN, PNS, maupun instansi pemerintah lainnya. Bahan ini memiliki ketebalan yang cukup, lembut, dan lentur sehingga tidak mudah sobek.

Taipan Tropical adalah salah satu jenis drill yang menjamin kenyamanan saat digunakan. Selain itu, warna kain ini tidak mudah luntur baik karena pencucian maupun karena durasi penggunaan.

Canvas

Ingin memberikan tampilan yang lebih kasual, tampak dinamis, dan aktif pada karyawan kantor anda? Maka anda bisa mempertimbangkan kain kanvas dalam pembuatan seragam kantor anda.

Kain yang terbuat dari komposisi polyester dan katun ini dikenal tebal, kuat, sedikit kasar, dan agak kaku sehingga sering digunakan sebagai bahan pakaian outdoor maupun pakaian dinas lapangan.

Penggunaan canvas di ruang ber-AC juga bisa jadi pertimbangan, sebab bahan ini cukup baik dalam memberikan rasa hangat bagi penggunanya. Kendati bahan ini kaku, namun kesan kasual dan elegan yang ditimbulkan tetap layak anda pertimbangkan.

Denim

Material denim juga memberikan kesan kasual yang maksimal tanpa menghilangkan kenyamanannya. Bahan ini sekarang banyak diminati dalam pembuatan seragam kantor oleh perusahaan-perusahaan yang dinominasi anak-anak muda karena memberikan tampilan yang lebih “muda”, santai, namun memiliki daya tahan yang sangat baik.

Penggunaan tidak hanya cocok untuk kebutuhan kantor, namun juga tampil keren bila digunakan untuk kebutuhan pekerjaan di luar kantor. Kendati harganya sedikit di atas kain lain, Denim layak dipertimbangkan untuk pakain kantor di berbagai korporasi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image