Ahad 16 Jan 2022 22:51 WIB

Menkes: 400 Ribu Obat Paxlovid Sudah Tiba di Indonesia

Rencananya, obat-obatan tersebut juga akan diproduksi di Indonesia pada Maret-April.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andi Nur Aminah
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin
Foto: Dok
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, sebanyak 400 ribu obat Covid-19 buatan Pfizer yakni Paxlovid telah tiba di Indonesia. Rencananya, obat-obatan tersebut juga akan diproduksi di Indonesia pada Maret-April.

“Pemerintah sudah mempersiapkan obat-obatan. Paxlovid 400 ribu tablet sudah datang, kami sudah lihat. Rencananya juga akan diproduksi di Indonesia bulan Maret-April,” jelas Menkes Budi saat konferensi pers usai rapat terbatas evaluasi PPKM, Senin (16/1).

Baca Juga

Selain itu, menurut dia, pemerintah juga sudah memproses untuk mendatangkan Paxlovid yang diharapkan dapat tiba pada Februari. Menkes mengatakan, obat-obatan Covid-19 ini akan membantu Indonesia dalam menghadapi lonjakan kasus akibat Omicron. “Kita sudah dalam proses mendatangkan Paxlovid juga, ini antivirus dari Pfizer yang mudah-mudahan bisa datang di bulan Februari,” ungkap dia.

Dalam ratas ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan agar obat-obatan untuk Covid-19 tidak hanya tersedia di puskesmas maupun rumah sakit pemerintah, namun juga tersedia di berbagai apotek.

“Memang sesuai dengan jenis obatnya. Jadi obat mana yang bisa dibeli untuk umum, obat mana yang harus dibeli mendapatkan resep dokter, dan obat mana yang bisa diberikan melalui perawatan rumah sakit,” jelas Menkes.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement