Sunday, 28 Syawwal 1443 / 29 May 2022

Ahli Diet Sebut Kebiasaan Makan Buruk Ini Harus Dihentikan

Senin 17 Jan 2022 00:48 WIB

Rep: Eva Rianti/ Red: Qommarria Rostanti

Kebiasaan makan buruk yang harus dihentikan (ilustrasi).

Kebiasaan makan buruk yang harus dihentikan (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Anda direkomendasikan tidak mengonsumsi makanan yang dapat ganggu kesehatan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Memiliki tubuh yang sehat menjadi salah satu harapan dalam hidup. Untuk mewujudkannya, butuh upaya untuk menghindari kebiasaan makan yang buruk karena berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan.

Para ahli diet memberikan sejumlah rekomendasi agar tidak mengonsumsi makanan tertentu yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Berikut beberapa rekomendasi para ahli diet untuk menghindari kebiasaan makan buruk yang bisa melonjakkan berat badan dilansir di laman Eat This Not That, Ahad (16/1/2022):

Baca Juga

1. Melewatkan makan

Menurut ahli diet terdaftar, Cindy Dallow, melewatkan makan dan mengabaikan rasa lapar yang dialami tubuh Anda sebenarnya adalah salah satu kebiasaan makan terburuk yang dapat Anda miliki untuk kesehatan Anda. “Ketika Anda mengabaikan rasa lapar, tubuh Anda hanya akan semakin lapar selama beberapa jam ke depan dan kemungkinan makan berlebihan meningkat secara eksponensial,” kata Dallow.

“Jika Anda sedang stres (atau lelah), jadi lebih baik makan sesuatu yang akan memuaskan hasrat Anda dan memakannya dengan cara yang positif dan disengaja dan melanjutkan hari Anda,” ujarnya.

2. Mengonsumsi  terlalu banyak makanan olahan

Dallow juga memperingatkan, mengonsumsi makanan ultra olahan secara teratur, termasuk sereal manis, makanan panggang kemasan, permen, pizza beku, dan soda, bisa menjadi kebiasaan berbahaya bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. “Makanan olahan biasanya memiliki lebih banyak lemak jenuh, natrium, dan bahan-bahan proinflamasi, jadi memakannya secara teratur dapat secara serius memengaruhi kesehatan Anda secara negatif,” kata dia.

3. Ngemil jajanan yang tidak sehat

Mengonsumsi makanan ringan yang sehat dapat menjadi bagian yang membantu hari Anda, terutama karena dapat membantu metabolisme dan mencegah Anda makan berlebihan. Namun, penting untuk mencoba dan membatasi camilan tidak sehat, seperti keripik, kue kering, dan permen.

“Camilan tinggi gula dan natrium sebenarnya dapat menurunkan tingkat energi Anda dan memiliki efek samping kesehatan negatif lainnya, seperti penambahan berat badan,” kata penulis di Go Wellness, Courtney D'Angelo.

“Jadi lain kali Anda mengalami mogok makan, cobalah makan protein bar yang sehat atau buat protein shake karena protein memiliki banyak manfaat untuk membantu Anda tetap kenyang lebih lama dan menurunkan berat badan,” jelasnya.

4. Konsumsi makanan cepat saji

Kenyamanan dan keterjangkauan makanan cepat saji sulit dikalahkan, terutama pada hari-hari tersibuk Anda. Tetapi para ahli memperingatkan bahwa mengunjungi drive-thru secara teratur dapat berdampak negatif bagi kesehatan Anda.

“Banyak bahan yang digunakan dalam makanan cepat saji yang tinggi lemak, gula, dan natrium. Misalnya, Big Mac mengandung 540 kalori saja, kemudian tambahkan kentang goreng (220 kalori) dan minuman ringan (220 kalori lagi) dan Anda melihat asupan kalori cepat lebih dari 1.000,” kata D'Angelo.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA