Dua Rumah Rusak Terdampak Bencana Angin Kencang di Trenggalek

Red: Muhammad Fakhruddin

Dua Rumah Rusak Terdampak Bencana Angin Kencang di Trenggalek (ilustrasi).
Dua Rumah Rusak Terdampak Bencana Angin Kencang di Trenggalek (ilustrasi). | Foto: Antara/Yusuf Nugroho

REPUBLIKA.CO.ID,TRENGGALEK -- Sedikitnya dua rumah warga dilaporkan rusak tertimpa pohon yang terdampak bencana angin kencang mengiringi turunnya hujan deras di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu (15/1/2022).

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Namun banyaknya pohon tumbang menyebabkan beberapa akses jalan di tiga desa Kecamatan Gandusari, Bendungan dan Trenggalek sempat terputus. "Dua rumah yang rusak kami identifikasi terjadi di Desa Krandegan Kecamatan Gandusari, menimpa rumah milik Ibu Sutilah warga RT 13 RW 06 dan rumah Ibu Mujiarti di RT 15 RW 06," kata Sekretaris BPBD Kabupaten Trenggalek Tri Puspitasari.

Angin kencang terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Hembusan angin yang kuat dan dalam rentang waktu cukup lama menyebabkan pohon-pohon bertumbangan. Beberapa pohon bahkan roboh melintang jalan desa sehingga akses kendaraan terputus.

Naas dialami keluarga Sutilah dan Mujiarti karena pohon yang ada di samping tempat tinggal mereka roboh tepat mengenai atap rumah. Beruntung Sutilah dan Mujiarti selamat. Demikian juga dengan anggota keluarganya. Mereka kemudian mengungsi ke rumah warga yang kondisi aman.

Baca Juga

Dampak angin kencang bersamaan turunnya hujan deras hingga pukul 14.30 WIB itu paling parah terjadi di tiga desa, yakni di Desa Krandegan Kecamatan Gandusari, Desa Sumurup Kecamatan Bendungan serta Desa Ngares Kecamatan Trenggalek.

Petugas di lokasi melakukan pembersihan dahan dan batang pohon di jalan yang melintang hingga lalu lintas bisa kembali dilalui. Sementara kejadian kedua di Desa Ngares. Kondisi pohon tumbang hampir sama seperti kejadian di Desa Sumurup. "Waktu kejadiannya juga hampir sama. Sekitar pukul 14.30 WIB. Dan pohon yang tumbang juga melintang di jalan," ujarnya.

BPBD Kabupaten Trenggalek mengimbau agar masyarakat tetap waspada dengan bencana yang mungkin terjadi saat musim penghujan. Selain angin kencang, bencana lain yang juga mengancam beberapa kawasan adalah banjir dan tanah longsor.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


BMKG Ingatkan Potensi Angin Kencang di Ciayumajakuning

Angin Kencang di Kudus Rusak Beberapa Rumah dan Madrasah

Angin Kencang Terjang Beberapa Desa di Kudus

Sirkulasi Siklonik di Selatan Jateng Picu Bencana Hidrometerologi

28 Rumah Warga Purwakarta Rusak Diterjang Angin Kencang

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark