Jumat 14 Jan 2022 22:09 WIB

Berkat Jokowi, Bibit Durian Ripto Diburu Masyarakat

Durian Ripto sulit ditemukan sehingga masyarakat disarankan menanam sendiri.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Pedagang musiman menata buah durian (ilustrasi). Berkat video Jokowi, bibit durian Ripto diburu masyarakat.
Foto: Antara/Ardiansyah
Pedagang musiman menata buah durian (ilustrasi). Berkat video Jokowi, bibit durian Ripto diburu masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, TRENGGALEK -- Bupati Trenggalek, Jawa Timur, Mochamad Nur Arifin, mengaku senang karena saat ini permintaan bibit durian Ripto meningkat semenjak video Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengonsumsi buah durian asli Trenggalek itu, beberapa waktu lalu.

"Alhamdulillah penjualan kami meningkat baik permintaan lokal hingga luar Trenggalek. Harapan kami durian jenis Ripto bisa tersalurkan dan di Trenggalek sendiri banyak yang menanam durian jenis ini sehingga permintaan durian Ripto bisa tercukupi," kata Arifin di Trenggalek, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga

Diperkirakan Durian jenis Ripto di daerahnya mulai panen pada Maret atau April mendatang. Saat ini, posisi pohon sedang berbunga. Jika hujan tidak lebat, diprediksi panen durian melimpah pertengahan tahun ini, termasuk varietas durian Ripto yang masih banyak ditemukan di belantara hutan Kecamatan Watulimo, Munjungan serta Kampak.

"Kami saat ini berada di salah satu nursery di Desa Dukuh, milik Pak Saroji. Di sini ada beberapa bibit durian," kata dia mempromosikan.

Bibit atau benih durian Ripto kini banyak yang menjual. Petani Kecamatan Watulimo dan sekitarnya sudah berhasil mencangkok bibit durian Ripto yang nantinya bisa menghasilkan buah durian dengan kualitas rasa seperti indukannya. Jadi masyarakat yang tidak sabar, ia sarankan untuk mulai menanam bibit durian unggulan masyarakat Trenggalek itu.

"Kalau mau beli Durian Ripto dan susah dapatnya, mending saat ini beli bibitnya, tanam sendiri, sehingga bila nanti panen bisa dimakan sendiri," ujarnya.

Nur Arifin menyarankan, masyarakat yang ingin mencicipi durian Ripto sebaiknya membeli bibit yang asli bersertifikat. Durian Ripto merupakan varietas unggul yang hanya ditemukan di hutan Trenggalek. Durian ini di dalam kawasan hutan Kali Kuning.

Namun pengelolaannya selama ini pertama kali ditemukan petani Desa Dukuh saat berburu durian di pedalaman hutan Kali Kuning, tak jauh dari Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo. Nama Ripto diambil dari nama Suripto, petani pesanggem hutan yang mengelola pohon durian Ripto secara turun-temurun.

Durian Ripto mulai dikenal luas setelah Pemkab Trenggalek menggelar kontes buah durian yang kemudian dimenangkan durian yang dibawah oleh Suripto, sekitar 10 tahun lalu. Dari kontes itulah, durian Suripto dinamai varietas Ripto dan dipatenkan ke lembaga terkait.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement