Jumat 14 Jan 2022 21:55 WIB

Akademisi: Kopi Lombok Banyak Dicari Wisatawan

Kopi Lombok memiliki varian yang bervariasi.

pontensi kopi Lombok cukup banyak sehingga wisatawan yang datang sering mencari komoditi itu (ilustrasi).
Foto: PixaHive
pontensi kopi Lombok cukup banyak sehingga wisatawan yang datang sering mencari komoditi itu (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PRAYA -- Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indriyanto, menyatakan, pontensi kopi Lombok cukup banyak, sehingga wisatawan yang datang sering mencari komoditi itu.

"Kopi Lombok itu memiliki varian yang bervariasi seperti kopi sajang di Sembalun dengan kopi di Lombok Tengah maupun di Lombok Barat," kata Indriyanto, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga

Dia mengatakan, kopi Lombok bisa berkembang dengan baik, karena potensi yang cukup banyak," katanya.

Dia mengatakan, kopi Lombok bakal bisa bersaing dengan kopi lainnya di tingkat nasional asalkan pengembangan terus ditingkatkan, karena saat ini produksi kopi tidak ada yang dikirim ke luar daerah dan habis di Lombok. "Lahan budidaya kopi itu harus lebih luas, supaya memiliki varian untuk menentukan target pasar. Kalau tidak ada terget pasar, petani kopi tentunya ke depan akan berkurang," katanya.

Dia mengatakan, dengan ada ajang balap moto GP di Sirkuit Mandalika tersebut bisa menjadi peluang pasar untuk mengenalkan kopi Lombok kepada dunia melalui wisatawan yang datang. "Momen ini harus bisa dimanfaatkan oleh para petani atau pelaku UMKM di Lombok," katanya.

Dia sangat bangga menjadi orang Lombok, karena potensi alamnya cukup banyak selain kopi maupun lainnya. "Potensi yang ada itu harus bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan ekonomi warga," ujar Indriyanto.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement