Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah, Wagub Jabar Minta Tak Terfokus Angka

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum memimpin Rapat Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah Tahun 2021 di Lingkup Perekonomian dan Pembangunan via konferensi video dari Rumah Singgah Wakil Gubernur Jabar, Jumat (14/1).
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum memimpin Rapat Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah Tahun 2021 di Lingkup Perekonomian dan Pembangunan via konferensi video dari Rumah Singgah Wakil Gubernur Jabar, Jumat (14/1). | Foto: istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Uu Ruzhanul Ulum memimpin Rapat Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah Tahun 2021 di Lingkup Perekonomian dan Pembangunan via konferensi video dari Rumah Singgah Wakil Gubernur Jabar, Jumat (14/1/2022). 

Uu Ruzhanul menekankan bahwa keberhasilan program tidak hanya dilihat atau terfokus pada pencapaian secara statistik atau angka-angka, tetapi juga dampaknya kepada kehidupan dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga

"Yang kami harapkan, program yang dirasakan masyarakat itu apa. Jangan sampai di angka begitu hebat. Misalnya, kenaikan ekonomi sekian persen, tapi masyarakat belum merasakan apa-apa," ujar Uu. 

Adapun perangkat daerah yang berada di lingkup perekonomian dan pembangunan, di antaranya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Perhubungan, Biro Perekonomian, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil, serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. 

Uu juga mengingatkan kepada perangkat daerah tentang pentingnya kolaborasi dan inovasi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi. Hal itu perlu dilakukan agar perangkat daerah dapat mewujudkan visi dan misi Jabar Juara Lahir Batin. 

Selain itu, Uu mendorong perangkat daerah untuk membangun kebersamaan yang solid agar semua staf, mulai dari kepala perangkat daerah sampai pegawai, bekerja linier demi mencapai target pembangunan. 

"Tugas saya hanya mengoordinasikan dan mengawasi perangkat daerah. Kalau angka-angka, saya percaya. Harapan bukan hanya angka, tapi efek dari kegiatan," katanya. 

Misalnya, kata dia, di suatu daerah, dulu belum ada sumber air bersih, tapi sekarang sudah ada. "Sehingga, saya bisa menyampaikan apa-apa yang sudah dicapai. Kami inginkan pengetahuan ini diketahui masyarakat," katanya. 

Uu juga mengingatkan kepada perangkat daerah untuk menyampaikan kegiatan, progres pembangunan, dan pencapaian melalui media sosial. Hal itu dilakukan sebagai bentuk laporan kerja kepada masyarakat. 

Tak hanya itu, Uu juga mendorong adanya rapat koordinasi rutin di lingkup Asisten Daerah (Asda). Sehingga bisa menambal kelemahan-kelemahan yang ditemui di tengah jalan."Oleh karena itu, Pak Asda saya harap ada sebulan atau dua bulan sekali rapat koordinasi di lingkup Asda yang Bapak pimpin. Sehingga kelemahan, kekurangan, bisa digenjot di saat tahun berjalan," papar Uu. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Ridwan Kamil: Ghozali Everyday Contoh Sukses Karya Kreatif, WAGM

Harga Rp 14 Ribu Per Liter, Warga Datangi OP Minyak Goreng di Bandung

Pemprov Jabar Mulai Gelar Vaksinasi Booster di 10 Kabupaten/Kota

Pacu Semangat di Awal Tahun, Ridwan Kamil Beri Penghargaan 111 ASN Berprestasi

Pemprov Jabar Sepakat Buat Program dengan BNPT Cegah Terorisme

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image