Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Memakai Jimat Gelang-Kalung untuk Menolak Bala, Apa Hukumnya?

Jumat 14 Jan 2022 06:35 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah

Memakai Jimat Gelang-Kalung untuk Menolak Bala, Apa Hukumnya?

Memakai Jimat Gelang-Kalung untuk Menolak Bala, Apa Hukumnya?

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang/ca
Manusia dapat meminta bantuan dan pertolongan hanya kepada Allah SWT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkadang ada orang yang mengenakan jimat dalam tubuhnya. Namun bolehkah memakai jimat seperti benang, gelang, kalung dengan keyakinan bahwa benda tersebut memiliki khasiat menolak bala?

Dikutip dari buku Ambilah Aqidahmu dari Alquran dan As-sunnah yang shahih yang difahami Shahabat Radhiyallahu Anhuma, hal tersebut tidak diperbolehkan. Allah Ta'ala berfirman  

Baca Juga

وَإِن يَمْسَسْكَ ٱللَّهُ بِضُرٍّ فَلَا كَاشِفَ لَهُۥٓ إِلَّا هُوَۖ...

"Jika Allah menimpakan sesuatu kemudaratan kepadamu, maka tidak ada yang menghilangkannya melainkan Dia sendiri..." (QS Al-An'aam ayat 17)

Dan Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, 

أَمَا إِنَّهَا لَا تَزِيدُكَ إِلَّا وَهْنًا، انْبِذْهَا عَنْكَ، فَإِنَّكَ لَوْ مِتَّ وَهِيَ عَلَيْكَ مَا أَفْلَحْتَ أَبَدًا

"Jimat ini tidak akan menambahkan kepadamu kecuali kelemahan. Jauhkan ia darimu, karena jika engkau mati (sementara engkau masih memakainya), maka engkau tidak akan pernah beruntung selamanya." (HR Al-Hakim, ia mengatakan bahwa hadits itu sahih, dan adz-Dzahabi menyepakatinya)

Termasuk ke dalam syirik besar apabila meminta bantuan atau mencari berkah dari mereka yang mati atau yang tidak hadir (ghaib). Manusia dapat meminta bantuan dan pertolongan hanya kepada Allah SWT.

Dan, Allah Ta'ala berfirman 

اِذْ تَسْتَغِيْثُوْنَ رَبَّكُمْ فَاسْتَجَابَ لَكُمْ...

"(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu..." (QS. Al-Anfaal ayat sembilan).

Dan Nabi SAW bersabda, 

يَاحَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَ حْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ

"Wahai Yang Mahahidup, Wahai Yang Maha Berdiri sendiri, dengan rahmat-Mu, aku memohon pertolongan (kepada-Mu)." (HR At-Tirmidzi)

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA