Kamis 13 Jan 2022 15:02 WIB

SUV Legendaris Toyota Ini Tampil Kian Mewah, Segini Harganya

LC sendiri merupakan produk global yang sudah banyak digunakan di banyak negara.

Toyota Land Cruiser kini tampil kian mewah dengan disematkannya sejumlah fitur canggih sebagai salah satu produk global Toyota.
Foto: istimewa
Toyota Land Cruiser kini tampil kian mewah dengan disematkannya sejumlah fitur canggih sebagai salah satu produk global Toyota.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Memasuki tahun 2022, pasar otomotif terus bergairah. Tak terkecuali di kelas SUV yang menjadi primadona selain kelas MPV di Tanah Air. Bagi Toyota, produk SUV legendarisnya tak terlepas dari sosok Toyota Land Cruiser (LC) yang telah merajai Tanah Air dekade 1970an, sekaligus cikal bakal SUV Toyota di Tanah Air.

Bedanya, apabila saat itu LC dikenal sebagai kendaraan 4x4 yang banyak digunakan di medan off road,  LC dalam produksi beberapa tahun terakhir telah menjelma sebagai kendaraan 4x4 premium yang membidik segmen kelas atas. "Harganya sekitar Rp 2,3 milaran lebih, buat yang warna premium nambah sekitar 3 jutaan," kata Anton Jimmi Suwandi, Marketing Director PT TAM disela peluncuran All New Toyota Land Cruiser, Kamis (13/1).

Baca Juga

Anton juga menyebutkan dengan harga tersebut Toyota Land Cruiser memang ditujukan untuk para pejabat TNI, pimpinan perusahaan besar atau mereka para pecinta 4x4. "Tahun lalu sekitar 95 tahun ini bisa sekitar 300 unit, demannya cukup stabil selama ini," katanya. 

LC sendiri merupakan produk global yang sudah banyak digunakan di banyak negara. Kemampuan mesin dieselnya yang berkapasitas besar dan berjalan di berbagai medan, membuatnya mudah merebut pasar di banyak negara.

All New Land Cruiser hadir dengan desain eksterior dan interior yang lebih segar semakin menegaskan jati dirinya sebagai Premium SUV. Terdapat Exclusive 70th Anniversary Emblem pada sisi samping-belakang bodi dan pada door scuff plate yang dilengkapi lampu iluminasi mewah. Termasuk di Floor Mat dengan aksen bordir senada yang di desain secara eksklusif untuk menemani perjalanan bersejarah bersama Land Cruiser sejalan dengan perayaan 70 tahun hadirnya Land Cruiser di tahun 2021 silam.

Toyota juga melengkapi dilengkapi Premium SUV legendaris ini dengan fitur kenyamanan terbaik seperti New Expansive Luggage Room, di mana tipe VX-R mendapatkan tambahan Power Back Door with Kick Sensor. Selain itu, terdapat juga fitur New Digital Video Recorder, New Wireless Charger, New Rear Seat Entertainment serta Electronic Parking Brake with Brake Hold untuk kenyamanan saat berkendara dengan All New Land Cruiser.

Untuk mesin, All New Land Cruiser kini mengadopsi mesin V6D-turbo yang dikembangkan dengan 3.346 cc untuk mencapai performa berkendara terdepan di kelasnya, serta mampu mengurangi konsumsi bahan bakar. Dapur pacu berkode F33A-FTV ini sanggup menghasilkan tenaga 305 PS pada 4.000 rpm dan torsi ‘brutal’ 71,4 Kgm pada 1.600 – 2.600 rpm. Performa mesin bertenaga ini didukung oleh transmisi 10-speed Direct Shift-10AT yang dapat menyalurkan tenaga mesin lebih efektif dan efisien pada berbagai kondisi berkendara.

All New Land Cruiser kini juga dirancang memanfaatkan platform TNGA-F. Memberikan kesempatan kepada engineer Toyota untuk meracik sistem suspensi terbaik pada All New Land Cruiser dengan menggunakan Double Wishbone di depan dan 4-link Coil Suspension di belakang, di mana tipe GR Sport memperoleh tambahan New Stability Control dan New Adaptive Variable Suspension. Performa suspensi telah diuji oleh para pembalap yang berpengalaman di Dakar Rally untuk menciptakan sebuah SUV yang tidak hanya berkemampuan tinggi, tapi juga mudah dikendalikan di berbagai kondisi jalan.

Spesial untuk tipe GR Sport, terdapat fitur E-KDSS (Electronic Kinetic Dynamic Suspension System) dan fitur Electronic Differential Lock di roda depan dan belakang, sementara tipe VX-R dibekali dengan Torque Sensing LSD di roda belakang. Sebagai off-roader sekaligus penjelajah jalan raya, Premium SUV ini telah dilengkapi perangkat keamanan berkendara terbaik seperti rem yang dilengkapi Anti-lock Braking System + Electronic Brake-force Distribution + Brake Assist dan 8-airbags.

Fitur safety lainnya adalah Blind Spot Monitor (BSM), Vehicle Stability Control (VSC), Hill-start Assist Control (HAC), dan Traction Control (TC). Khusus untuk kebutuhan off-road, tersedia juga fitur Downhill Assist Control (DAC), Crawl Control, Multi-Terrain Select (MTS), ditambah Tire Pressure Monitor (TPM).

All New Land Cruiser juga sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS). TSS merupakan fitur safety canggih yang mulai disematkan pada beberapa model Toyota di Indonesia, termasuk pada semua tipe All New Land Cruiser seperti Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Rear Camera Detection (RCD), Adaptive High-Beam System (AHS), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement