Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Tafsir Surat Taha Ayat 114: Rasulullah Memohon Tambahan Ilmu Pengetahuan

Kamis 13 Jan 2022 13:29 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah

Anak-anak belajar bersama. Tafsir Surat Taha Ayat 114: Rasulullah Memohon Tambahan Ilmu Pengetahuan

Anak-anak belajar bersama. Tafsir Surat Taha Ayat 114: Rasulullah Memohon Tambahan Ilmu Pengetahuan

Foto: istimewa
Surat Taha ayat 114 pelajaran agar tidak tergesa-gesa dalam menuntut ilmu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk menjadi orang yang berilmu, seseorang harus memiliki niat kuat untuk belajar serta berikhtiar dengan sungguh-sungguh dan sabar menjalani setiap proses belajar. Tapi yang juga penting adalah berdoa memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala agar memberikan kemudahan dan kepahaman dari suatu ilmu. Sehingga seorang hamba bertambah ilmunya. Bagaimana doanya? 

Doa agar tambahnya ilmu bisa ditemukan pada surat Taha ayat 114. 

Baca Juga

فَتَعَالَى اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ ۗ وَلَا تَعْجَلْ بِالْقُرْآنِ مِنْ قَبْلِ أَنْ يُقْضَىٰ إِلَيْكَ وَحْيُهُ ۖ وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Maka Maha Tinggi Allah Raja Yang sebenar-benarnya, dan janganlah kamu tergesa-gesa membaca Al qur'an sebelum disempurnakan mewahyukannya kepadamu, dan katakanlah: "Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan". (Alquran Surat Taha ayat 114)

Pakar tafsir Alquran yang juga pengasuh Pondok Pesantren Bayt Alquran-Pusat Studi Alquran (PSQ) Ustadz Syahrullah Iskandar mengatakan ayat tersebut merupakan arahan Allah SWT kepada Nabi Muhammad ﷺ. Surat ini juga menjadi pelajaran bagi umat Nabi Muhammad. 

Ustadz Syahrullah menjelaskan pada ayat ini, Allah mengingatkan Nabi Muhammad agar tidak tergesa-gesa dalam melafalkan ayat-ayat Alquran yang disampaikan Malaikat jibril kepadanya. 

"Nabi Muhammad ingin bersegera cepat membaca sebelum Jibril sempurna membacanya. Apa yang melatarbelakanginya? Karena kecintaan Nabi atau keinginan Nabi untuk cepat menghafal ayat demi ayat yang diajarkan Jibril, takut lupa," kata Ustadz Syahrullah Iskandar dalam kajian tafsirnya di Masjid Bayt Alquran yang juga disiarkan secara virtual pada Rabu (12/1/2022). 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA