Lansia Jadi Kelompok Pertama yang Terima Vaksin Dosis Ketiga

Red: Andri Saubani

Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 ke warga lanjut usia (lansia) di SDN 053 Cisitu, Jalan Sangkuriang, Kota Bandung. Lansia di Bandung akan menjadi kelompok pertama yang mendapatkan vaksinasi booster.
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 ke warga lanjut usia (lansia) di SDN 053 Cisitu, Jalan Sangkuriang, Kota Bandung. Lansia di Bandung akan menjadi kelompok pertama yang mendapatkan vaksinasi booster. | Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyatakan kelompok lanjut usia (lansia) diprioritaskan untuk menjadi kelompok pertama yang menerima vaksin dosis ketiga atau dosis penguat. Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan pihaknya pun masih menunggu stok vaksin untuk penguat tersebut.

Pasalnya kini pihaknya pun masih fokus kepada vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun. "Lansia dulu, kuota berapa saya belum tahu angkanya. Dan itu semua yang gratis, berbayar nggak jadi," kata Yana di Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/1).

Baca Juga

Menurutnya, jika stok vaksin dosis penguat itu sudah tersedia, vaksinasi terhadap lansia itu bakal digelar sesegera mungkin. Dia pun memastikan vaksinasi dosis penguat itu sudah bisa dilakukan di Kota Bandung.

Pasalnya, kata dia, vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua sudah melebihi target. "Dosis satu sudah lebih dari 70 persen lebih, dosis dua sudah di atas 60 persen. Jadi kita yang termasuk kota yang diperbolehkan untuk dilakukan booster (penguat)," kata dia.

Adapun di Kota Bandung vaksinasi dosis pertama sudah mencapai angka 105,14 persen. Dari target 1.952.358 orang, sudah ada 2.052.747 orang yang mendapatkan vaksin dosis pertama.

Sedangkan vaksinasi dosis kedua sejauh ini sudah mencapai 90,94 persen. Dari target tersebut, sejauh ini sudah ada 1.775.521 orang yang mendapat vaksin dosis kedua.

Terkait


Studi Buktikan Booster Setengah Dosis Efektif dengan KIPI Lebih Ringan

Hari Pertama Vaksinasi Booster, Tangsel Sasar Lansia

Vaksinasi Booster di Kota Bogor Digelar Besok

KSP: Kebijakan Vaksin Gratis Tutup Peluang Permainan Harga

Yuk Ketahui Beda Vaksin Booster dengan Vaksin Tambahan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image