Rabu 12 Jan 2022 10:04 WIB

Tarik Ulur Liverpool dan Mohamed Salah Serta Pelajaran dari PSG Vs Mbappe

Liverpool belum juga memperpanjang kontrak Salah yang berakhir pada 2023.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Pemain  Liverpool Mohamed Salah.
Foto: EPA-EFE/VICKIE FLORES
Pemain Liverpool Mohamed Salah.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Entah apa yang sedang dipikirkan Liverpool, sampai saat ini kontrak Mohamed Salah belum juga diperpanjang. Padahal, kontrak pemain internasional Mesir itu akan habis pada musim panas 2023. Sehingga, enam bulan lagi Salah akan memasuki tahun terakhir kontraknya. Jika sampai akhir musim ini kontrak Salah belum juga diperpanjang, maka situasi Liverpool akan jauh lebih sulit.

Tidak bisa dipungkiri kalau saat ini Salah merupakan pemain paling berpengaruh di Anfield. Musim ini saja, ia sudah mencetak 23 gol dan sembilan assist dalam 26 penampilan di semua kompetisi. Ia juga menjadi top skorer sementara Liga Primer Inggris dengan 16 gol. Tapi sampai saat ini kedua belah pihak masih belum menyepakati kontrak baru.

Baca Juga

Salah sendiri menegaskan dirinya ingin bertahan di Anfield. Bahkan ia menyatakan tidak menyorkan permintaan yang aneh-aneh agar bisa memperpanjang kontraknya di Liverpool. Tapi ia mengungkapkan kalau masalahnya saat ini ada di Liverpool, yang belum juga menyetujui persyaratan dari mantan pemain Roma tersebut.

''Saya ingin bertahan. Tapi itu bukan ada di tangan saya. Itu ada di tangan mereka. Mereka tahu apa yang saya inginkan. Saya tidak bisa sesuatu yang gila,'' ungkap Salah, dikutip dari Sky Sports, Selasa (11/1/2022).

Bulan lalu, manajer Liverpool Juergen Klopp menyebut klub menggelar pembicaraan yang cukup baik terkait dengan kontrak Salah. Tapi Salah memberi kesan bahwa masih ada rintangan yang harus diatasi dalam negosiasi, saat ia mencari penghargaan yang layak, karena jadi aktor utama saat timnya memenangkan Liga Champions dan Liga Primer Inggris untuk Liverpool.

''Masalahnya adalah, ketika Anda meminta sesuatu, dan mereka menunjukkan kepada Anda bahwa mereka dapat memberi Anda sesuatu (mereka seharusnya]) karena mereka menghargai apa yang Anda lakukan untuk klub,'' ungkap Salah.

Namun apa yang dituntut Salah dinilai bukan hanya soal uang atau gaji. Salah merupakan pemain yang digaji paling tinggi di Liverpool, sampai Virgil van Dijk menandatangani kontrak baru. Sekarang angka yang dibicarakan diprediksi seputar 300 ribu pounds per pekan. Gaji tersebut masuk akal, dalam usianya yang sudah 29 tahun ingin mendapat kontrak besar dalam kariernya.

Salah dianggap sebagai pemain terbaik dunia saat ini. Namun pada titik ini, Salah dianggap masih ambisius, dengan rasa lapar untuk menang tidak berkurang sedikit pun. Pada titik tertentu, skuad Liverpool butuh penyegaran. Roberto Firmino kini berusia 30 tahun, Sadio Mane 29 tahun, Jordan Henderson (31), Thiago Alcantara (30), Van Dijk (30) dan Fabinho (28).

Salah ingin melihat, apakah ada komitmen berkelanjutan dari klub untuk menambah kualitas dari apa yang mereka dapatkan. Tujuannya adalah agar Liverpool mempertahankan kemampuan untuk jadi penantang gelar. Salah dinilai sebagai pemain terhebat Liverpool sepanjang masa dengan gelar yang diberikannya untuk klub. Jadi bila soal gaji, Salah saat ini tidak dibayar sebesar Paul Pogba atau Cristiano Ronaldo di Manchester United.

Salah digaji sebesar 200 ribu pounds per pekan atau Rp 3,9 miliar. Jauh dibandingkan Paul Pogba 290 ribu pounds atau Ronaldo 480 ribu pounds. Sementara Van Dijk, yang merupakan pemain dengan gaji paling tinggi di Liverpool, menerima 220 ribu pounds per pekan. Artinya, jika memang benar Salah meminta 300 ribu pounds per pekan, tentu itu bukan sesuatu yang berlebihan.

photo
Penyerang Liverpool Mohamed Salah merayakan golnya ke gawang AC Milan dalam pertandingan Liga Champions dengan bersujud syukur. - (EPA-EFE/MATTEO BAZZI)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement