Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Puskesmas Menteng Tunggu Ketersediaan Vaksin AstraZeneca dan Moderna

Rabu 12 Jan 2022 09:26 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Tenaga kesehatan puskesmas Kecamatan Menteng bersiap menyuntikkan vaksin covid-19 kepada warga saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dinamis wilayah Kecamatan Menteng di RW 01 Kelurahan Cikini, Menteng, Jakarta, Sabtu (11/9).

Tenaga kesehatan puskesmas Kecamatan Menteng bersiap menyuntikkan vaksin covid-19 kepada warga saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dinamis wilayah Kecamatan Menteng di RW 01 Kelurahan Cikini, Menteng, Jakarta, Sabtu (11/9).

Foto: Prayogi/Republika.
Puskesmas Kecamatan Menteng siap melakukan vaksinasi booster kepada masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKART -- Puskesmas Kecamatan Menteng menyiapkan 50 dosis vaksin ketiga (booster) saat peluncuran Vaksinasi Booster Covid-19 untuk masyarakat umum di Jakarta, Rabu (12/1). Kepala Puskesmas Kecamatan Menteng, Rusmala Dewi menjelaskan, pihaknya masih menunggu ketersediaan vaksin jenis AstraZeneca maupun Moderna dari Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta.

"Ini kami juga masih menunggu dari logistiknya dulu. Dosisnya untuk hari ini kalau memang siap, kita 50 (dosis) dulu karena timnya juga terbatas," kata Dewi saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Baca Juga

Dewi menjelaskan, saat ini ketersediaan vaksin untuk program Vaksinasi Booster adalah jenis AstraZeneca dan Moderna. Pelaksanaan vaksinasi booster Covid-19 rencananya dilakukan di RPTRA Gondangdia, yang berlokasi di Jalan Probolinggo, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Dewi mengatakan, dosis vaksin ketiga terbatas karena tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Kecamatan Menteng juga masih melakukan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun di sekolah. "Tim lagi ke sekolah-sekolah semua, baru nanti siang kalau memang sudah siap vaksinnnya, kita infokan ke lintas sektor," kata Dewi.

Adapun Pemprov DKI Jakarta menyiapkan seluruh puskesmas untuk melayani vaksinasi dosis ketiga dengan prioritas kepada kelompok lanjut usia (lansia) mulai Rabu. Syarat mendapatkan vaksinasi tersebut adalah sudah lebih dari enam bulan setelah disuntikkan vaksin Covid-19 dosis kedua.

Pelaksanaan vaksinasi ketiga tersebut merupakan tindak lanjut dari kebijakan pemerintah untuk menggratiskan pemberian dosis ketiga vaksin Covid-19 bagi seluruh masyarakat Indonesia.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA