Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Mengapa Berdoa Setelah Tasyahud Akhir Sangat Dianjurkan?

Rabu 12 Jan 2022 07:43 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Berdoa sesudah tasyahud atau sebelum salam sangat dianjurkan. Ilustrasi sholat

Berdoa sesudah tasyahud atau sebelum salam sangat dianjurkan. Ilustrasi sholat

Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa sesudah tasyahud atau sebelum salam sangat dianjurkan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Berdoa pada dasarnya diperbolehkan saat ibadah-ibadah tertentu, termasuk ketika sholat.

Anggota Fatwa Darul Ifta Mesir, Syekh Dr Mahmud Syalaby menyampaikan penjelasan soal boleh tidaknya menyampaikan doa apapun atau sesuatu yang hendak diinginkan setelah bacaan tasyahud akhir dalam sholat sebelum salam.

Baca Juga

Syekh Syalaby menyampaikan, dalam menyampaikan doa harus pada tempat yang tepat. Di antara waktu yang tepat yaitu berdoa setelah menyelesaikan bacaan tasyahud dalam sholat. 

Karena itu, dia berpandangan bahwa tidak masalah jika seseorang dalam sholatnya, yakni setelah tasyahud akhir, menyampaikan doa atas apa yang diinginkannya, lalu mengucapkan salam. 

"Bila Anda berdoa dengan apa yang Allah ﷻ bukakan, dan dengan sesuatu Anda inginkan, kemudian memberi salam, maka ini sholatnya sah dan tidak apa-apa jika melakukannya," tutur dia dilansir laman Elbalad, Selasa (11/1). 

Lebih lanjut, Syekh Syalaby juga mengatakan, Nabi Muhammad  ﷺ juga biasa memanjatkan doa setelah menyelesaikan bacaan tasyahud akhir (dalam sholat), kemudian barulah memberi salam. "Jadi berdoa sebelum salam itu tidak ada salahnya," jelasnya. 

Selain itu, juga terdapat riwayat yang menjelaskan tuntunan berdoa setelah tasyahud akhir sebelum salam. 

Dalam hadits riwayat Muslim dari Abu Hurairah RA, Rasulullah  ﷺ bersabda, "Jika salah seorang dari kalian telah bertasyahud hendaknya dia memohon perlindungan kepada Allah dari empat hal, yakni dia mengucapkan: 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

"Allahumma inni audzubika min adzabi jahannama, wa min adzabil-qabri, wa min fitnati al-mahya wal-mamati, wa min syarri fitnati al-masiihi ad-Dajali."

Artinya, "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari siksa neraka jahanam dan siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, serta dari keburukan fitnah Dajjal." Barulah setelah membaca doa ini, umat Muslim dianjurkan untuk mengucapkan salam.

Sumber: https://www.elbalad.news/5118461 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA