Rabu 12 Jan 2022 05:50 WIB

Cendekiawan Uighur Terancam Dideportasi dari Arab Saudi

Deportasi cendikiawan Uighur dikhawatirkan menyebabkan dia menghadapi hukuman

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Komunitas Muslim di Xianjiang, China
Foto: Kedutaan Besar China
Komunitas Muslim di Xianjiang, China

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Seorang cendekiawan Islam dari Uighur yang ditahan tanpa tuduhan di Arab Saudi terancam akan dideportasi ke China dalam beberapa hari. Sebuah langkah yang dikhawatirkan menyebabkan dirinya bisa menghadapi hukuman penjara dan penyiksaan.

Dilansir dari Middle East Eye, Senin (10/1), cendikia tersebut bernama asli Aimadoula Waili dan juga dikenal sebagai Hemdullah Abduweli. Dia adalah salah satu dari dua orang Uighur yang berisiko dideportasi ke Cina dari kerajaan tersebut.

Baca Juga

Cendekiawan tersebut melakukan perjalanan ke Arab Saudi pada tahun 2020 dengan visa selama setahun dari Turki, di mana ia adalah penduduk resmi, untuk menunaikan ibadah haji ke Mekah.  Namun Waili bersembunyi setelah konsulat Cina di Riyadh mengaku meminta deportasinya.

Pemerintah Cina dituduh menahan lebih dari satu juta warga Uighur dan minoritas Muslim lainnya di wilayah timur Xinjiang. Cina dituduh melakukan pelanggaran yang oleh beberapa orang disebut sebagai "genosida" meski mereka membantah tuduhan tersebut.

 

Pindah dari satu rumah Uighur ke yang lain, Waili mengandalkan jaringan Uighur di Arab Saudi untuk membuatnya tetap aman, takut pergi ke bandara akan menyebabkan deportasi otomatisnya. Tetapi dia akhirnya ditangkap oleh pihak berwenang pada November 2020 dan dibawa ke Penjara Keamanan Maksimum Pusat Dhahban di Jeddah, di mana dia ditahan tanpa tuduhan.

Berbicara kepada MEE, putri Waili Nurin Hemdullah dan saudara perempuannya mengatakan seorang pejabat pengadilan Saudi telah melihat ayah mereka Ahad lalu dan mengatakan kepadanya agar siap secara mental untuk dideportasi dalam beberapa hari ke Cina.

Para wanita tersebut mengatakan bahwa mereka telah berbicara dengan seorang Uighur di Arab Saudi yang memantau kasus tersebut, yang mengatakan bahwa pejabat pengadilan membenarkan keputusan tersebut meskipun kedua pria itu tidak melakukan kejahatan di Cina atau kerajaan.

"Kami belum mendengar suara ayah kami selama lebih dari setahun, dan kami sedih mengetahui bahwa dia dapat dikirim ke China dan dipisahkan darinya selamanya," kata Nurin.

"Sejak mendengar tentang kemungkinan deportasinya, kami menangis tanpa henti. Dan setiap kali kami memikirkan perpisahan ini, rasa sakitnya tak tertahankan, dan hati kami hancur setiap saat," tambahnya.

Masih belum jelas kapan Arab Saudi bisa mendeportasi kedua warga Uighur itu.  Maya Wang, seorang peneliti senior Human Rights Watch di Cina, juga berbicara dengan keluarga mereka dan meminta Arab Saudi untuk menghentikan deportasi.

“Arab Saudi seharusnya tidak secara paksa mengembalikan dua orang Uighur ini ke Cina, di mana mereka kemungkinan besar akan menghilang ke dalam lubang hitam,” kata Wang kepada MEE.

"Sudah cukup buruk bahwa Arab Saudi tidak mau mengkritik serangan pemerintah Cina terhadap Islam. Tapi itu adalah penolakan yang mengejutkan terhadap hukum internasional untuk memaksa mereka mengembalikannya,"tambahnya.

Wang menambahkan bahwa keluarga telah memberi tahu dia bahwa pejabat kehakiman juga bertanya kepada Waili dan warga Uighur lainnya yang ditahan apakah mereka tahu nama-nama warga Uighur lainnya di Arab Saudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement