Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

Mengapa Perhiasan Mutiara Digemari Bangsawan Inggris, Termasuk Kate Middleton?

Senin 10 Jan 2022 08:05 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Mutiara air laut. Bangsawan Inggris seperti Ratu Elizabeth hingga Kate Middleton gemar menggunakan perhiasan mutiara.

Mutiara air laut. Bangsawan Inggris seperti Ratu Elizabeth hingga Kate Middleton gemar menggunakan perhiasan mutiara.

Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Bangsawan Inggris, termasuk Kate Middleton, gemar menggunakan perhiasan mutiara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kate Middleton belum lama ini memukau warganet dengan foto terbarunya untuk peringatan ulang tahun ke-40 tahun. Dalam foto tersebut Duchess of Cambridge tampak mengenakan anting mutiara pearl drop milik mendiang Putri Diana.

Selain Kate, mutiara juga kerap digunakan oleh banyak bangsawan perempuan lain. Ratu Victoria misalnya, gambarnya pernah diabadikan sambil menggunakan sepasang anting mutiara pear drop. Anting tersebut kini dimiliki oleh Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II juga memiliki tiga kalung mutiara yang sering dia gunakan hingga saat ini. Salah satu di antaranya adalah kalung mutiara dua untai dengan ukuran mutiara yang lebih besar dari anting pemberian Ratu Victoria.

Kalung yang kedua merupakan kalung mutiara tiga untai. Kalung tersebut merupakan pemberian sang ayah, George VI, ketika sang ratu kecil.

Kalung yang ketiga juga kalung mutiara tiga untai. Kalung tersebut merupakan hadiah yang diberikan oleh Emir of Qatar kepada sang Ratu pada 1953.

Penggunaan mutiara oleh bangsawan perempuan kerajaan Inggris ini ternyata memiliki makna lebih dari sekedar estetika. Menurut pendiri Budrevich Fine Jewellery Studio, Arseiny Budrevich, mutiara penggunaan mutiara mewakili kebajikan aristokrat yang mencakup ketoleranan, kemegahan, dan kemurahan hati.

"Mutiara juga menyimbolkan kemurnian dan kesucian," jelas Burdevich, seperti dilansir Express, Ahad (9/1/2022).

Menurut Burdevich, Ratu Elizabeth II merupakan bangsawan perempuan dari keluarga kerajaan Inggris yang paling sering terlihat menggunakan mutiara. Perhiasan yang kerap sang ratu gunakan adalah kalung-kalung mutiaranya yang dipadankan dengan bros serta anting mutiara.

"Kate Middleton juga terlihat menggunakan tampilan yang berkelas dan klasik ini," ungkap Burdevich.

Menurut kepala desain 77 Diamonds, Charlotte White, Duchess of Cambridge sangat menyukai mutiara klasik. Perempuan yang diberi nama Catherine oleh Ratu Elizabeth II tersebut kerap terlihat menggunakan perhiasan mutiara milik Sang Ratu.

"Keluarga bangsawan diketahui menggunakan perhiasan mutiara klasik mereka selama puluhan tahun dan bahkan lintas beberapa generasi," ujar White.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA