Sabtu 08 Jan 2022 20:45 WIB

Islam di Meksiko, Minoritas yang Berusaha Tetap Eksis

Islam di Meksiko merupakan komunitas minioritas

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Nashih Nashrullah
Islam di Meksiko merupakan komunitas minioritas. Ilustrasi Masjid Dar Al Islam merupakan salah satu masjid di Meksiko.
Foto: www.islamicplaces.wordpress.com
Islam di Meksiko merupakan komunitas minioritas. Ilustrasi Masjid Dar Al Islam merupakan salah satu masjid di Meksiko.

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa sangka jika cahaya Islam juga bersinar di sejumlah wilayah Meksiko. 

Hampir seluruh orang Islam di Meksiko tinggal di daerah perkotaan, seperti Mexico City, Coahuila de Zaragoza, dan Jalisco.

Baca Juga

Secara taraf sosial-ekonomi, masyarakat Muslim di negara tersebut hidup cukup makmur. 

Mayoritas angkatan kerja mereka berprofesi sebagai pengusaha. Menurut penelitian de Castro dan Vilela, ada belasan masjid yang tersebar di penjuru Meksiko. 

 

Komunitas Muslim di Meksiko terbentuk secara signifikan sejak permulaan abad ke-20. Saat itu, imigran dari negeri-negeri Arab banyak berdatangan ke sana. Berikutnya, mulai abad ke-21 cukup banyak warga setempat yang memeluk Islam. 

Meskipun demikian, jumlah umat Islam di sana tak sebanding dengan pemeluk agama-agama lainnya, terutama Kristen. Pemeluk agama Islam masih tergolong minoritas di Meksiko. 

Menurut sensus resmi pemerintah Meksiko pada 2010 lalu, jumlah Muslimin di negara tersebut tak kurang dari 2.500 jiwa.

Artikel de Castro dan Vilela, Muslims in Brazil and Mexico: A Comparative Quantitative Analysis (2019) menyajikan data yang lebih banyak, yakni 4.118 jiwa atau kurang dari 0,01 persen total populasi setempat pada 2010. 

Bandingkan dengan jumlah pemeluk Kristen di Meksiko yang mencapai sekitar 105 juta jiwa alias 94 persen dari keseluruhan penduduk. 

Sekitar 70 persen dari seluruh Muslimin di Meksiko merupakan penduduk lokal, sedangkan sisanya adalah pendatang. 

Kebanyakan para imigran Muslim itu berasal dari Lebanon (56 persen), Yordania (8 persen), dan Suriah (4 persen). Keturunan Afrika ada, tetapi jumlahnya tak begitu signifikan. 

Bila orang-orang perantauan dari luar disertakan, maka kaum Muslim dari Amerika Serikat (AS) menjadi yang terbanyak.

Sekitar 18,5 persen orang asing yang beragama Islam di Meksiko datang dari Negeri Paman Sam. Selain Amerik Serikat, ada pula Mesir (17,8 persen), Lebanon (13,7 persen), dan Maroko (8,6 persen). 

Fakta ini tak begitu mengejutkan. Sebab, antara Amerika Serikat dan Meksiko berbatasan langsung di daratan. Masyarakat kedua negara juga kerap bermigrasi melintasi batas demarkasi nasional. 

Masjid yang sering disebut-sebut ialah Masjid Suraya (Mezquita Soraya) di Torreon, Coahuila. Rumah ibadah itu berdiri sejak 1989 dan menjadi masjid pertama yang berdiri secara resmi di Meksiko.

Demikian berdasarkan keterangan dari lembaga Salafi Centre of Mexico. Selain masjid, setidaknya terdapat berbagai fasilitas publik islami lainnya. Misalnya, satu unit madrasah di Kota Chiapas dan satu area permakaman Muslim di Negara Bagian Meksiko yang dibuka secara resmi oleh otoritas setempat pada 2017 lalu. 

Bagaimanapun, kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan suatu halal lifestyle masih jauh panggang dari api. 

Sebagai contoh, ketersediaan toko daging halal amat jarang dijumpai di kota-kota di negara Meksiko. Kalaupun ada, harganya cukup mahal. Untuk itu, beberapa komunitas Muslim setempat menyelenggarakan kiat-kiat tersendiri agar dapat memasok daging halal sesuai permintaan.      

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement