Sabtu 08 Jan 2022 06:38 WIB

Lagu Ini Buat Rhoma Irama Berlinang Air Mata

Rhoma mengaku memang kerap menangis dalam berbagai kondisi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Raja Dangdut Rhoma Irama. Rhoma Irama mengaku mudah menangis, bahkan ketika mendengarkan melodi lagu.
Foto: Antara/Kahfie Kamaru
Raja Dangdut Rhoma Irama. Rhoma Irama mengaku mudah menangis, bahkan ketika mendengarkan melodi lagu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah banyak lagu yang diciptakan dan dilantunkan oleh musisi Rhoma Irama. Dari semua tembang tersebut, sang "Raja Dangdut" mengungkap beberapa judul lagu yang bisa membuatnya berlinang air mata.

Pria 75 tahun itu membuat pengakuan di hadapan Irfan Hakim, Gilang Dirga, dan Ramzi, di acara Bisikin Rhoma yang tayang di kanal YouTube Rhoma Irama Official. Rhoma mengaku dirinya mudah sekali mengeluarkan air mata. 

 

Berawal dari Irfan Hakim yang bertanya kepada Rhoma mengenai hal apa yang bisa membuatnya menangis. Pertanyaan itu muncul karena Irfan Gilang, dan Ramzi sering melihat Rhoma Irama menangis saat membawakan lagu di acara yang mereka pandu.

 

Rhoma mengaku memang kerap menangis dalam berbagai kondisi. Pelantun lagu "Begadang" itu bisa menangis saat gembira, ketika ada hal yang sensitif, saat sedang sholat, juga ketika sedang memberikan ceramah atau pidato.

 

"Enggak tahu kenapa, saya ini gampang nangis. Apa kebanyakan air mata saya ini? Latihan saja, latihan, kadang-kadang baru intro saja saya sudah nangis, saya langsung ke belakang," ujar ayah dari Ridho Rhoma tersebut.

 

Kebiasaan itu sempat membuat Rhoma kesulitan membawakan lagu yang ia ciptakan karena sambil menangis. Selama beberapa puluh tahun, Rhoma sukar menyanyikan lagu "Sebujur Bangkai" di panggung karena akan menangis begitu mulai bernyanyi.

 

Ketika merekam lagu tersebut, Rhoma menghabiskan waktu tiga hari tiga malam. Hari pertama dan hari kedua, dia sama sekali tidak bisa merampungkan rekaman. Begitu masuk hari ketiga, Rhoma berusaha menyanyikan tanpa terhanyut perasaan barulah rekaman bisa usai.

 

Pengalaman menangis menjadi-jadi juga pernah dialami Rhoma tatkala mendengar lagunya sendiri diputar. Suatu ketika dia di kamar mandi dan mendengar lagu "Tabir Kepalsuan". Sontak, Rhoma menangis menggerung-gerung, bukan sekadar meneteskan air mata.

 

"Padahal itu bukan lagu religi, tapi pas putar lagu itu nangis. Sampai saya keluar kamar mandi ke tempat tidur itu merangkak. Enggak tahu kenapa. Kalau ada melodi yang menyentuh, walau tanpa lirik saya bisa langsung menangis," ungkap Rhoma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement