Kamis 06 Jan 2022 22:39 WIB

Seperti Apa Berbisnis yang Disukai Allah SWT? Ini Pesan Gus Kautsar Ploso

Gus Kautsar Ploso memberikan nasihat berbisnis yang disukai Allah SWT

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Nashih Nashrullah
Gus Kautsar Ploso memberikan nasihat berbisnis yang disukai Allah SWT. Ilustrasi bisnis
Foto: Pexels
Gus Kautsar Ploso memberikan nasihat berbisnis yang disukai Allah SWT. Ilustrasi bisnis

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Bagaimana berbisnis atau berusaha mencari penghidupan dapat bernilai ibadah dan disukai Allah ﷻ?. 

Pengasuh Pondok Pesantren Ploso Kediri, Abdurrahman Al-Kautsar berbagi cerita dan pesan pada sebuah sesi silaturahim online yang dihadiri ratusan pebisnis reseller dari seluruh Indonesia.   

Baca Juga

"Berusaha, berbisnis, atau bekerja, adalah suatu keharusan setelah menunaikan kewajiban primer yang diperintahkan Allah SWT kepada kita," ujar sosok yang akrab disapa Gus Kautsar itu, Rabu (6/1). 

Gus Kautsar menuturkan pesan penuh semangat yang disamlaikan Rasulullah ﷺ untuk pera pelaku usaha.

 

Seseorang yang mau berusaha dengan baik dan halal supaya tidak sampai meminta-minta atau merepotkan banyak orang, dan niatnya dalam berusaha ini untuk menghidupi keluarganya, serta dari awal berniat untuk berbagi dengan orang lain, maka di hari akhir akan sowan ke hadirat Allah ﷻ dalam kondisi wajah yang cerah bak bulan purnama. 

Gus Kautsar kemudian bercerita mengenai bagaimana agar dapat berusaha atau berikhtiar dengan baik. Pertama, kata dia, perlu terus menjalin ikatan dengan Allah ﷻ, sehingga yang dilakukan benar-benar berkah dan senantiasa dimudahkan. 

Kemudian juga perlu memiliki keinginan yang luar biasa atau 'uluwwul himmah. Pesan terakhir, jangan sampai mementingkan perbandingan diri dengan orang lain, namun pentingkanlah bagaimana setiap harinya bisa berada dalam kondisi yang lebih diridhoi Allah ﷻ, agar menjadi lebih baik untuk diri, keluarga, serta lingkungan. 

CEO dan Co-Founder Evermos, Ghufron Mustaqim, yang menaungi para reseller serta menyelenggarakan event silaturahim tersebut menyampaikan, pihaknya ingin membuat berwirausaha semakin mudah.

Bagi orang-orang yang ingin punya usaha tapi tidak ingin keluar modal dan ribet, kata dia, bisa bergabung jadi reseller Evermos. Dia menjelaskan, ada ratusan brand lokal dari UMKM Indonesia siap jual. 

"Jadi para reseller bisa berwirausaha sekaligus bersama memajukan brand lokal dan UMKM," kata Ghufron.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement