Rabu 05 Jan 2022 21:57 WIB

Semua Sekolah di Kudus Wajib Pakai Peduli Lindungi

Hal itu sekaligus untuk menyosialisasikan aplikasi Peduli Lindungi.

Semua Sekolah di Kudus Wajib Pakai Peduli Lindungi
Foto: Angkasa Pura II
Semua Sekolah di Kudus Wajib Pakai Peduli Lindungi

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Semua sekolah tingkat SD hingga SMP di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah yang menyelenggarakan pembelajaran tatap muka diminta menyiapkan barcode Peduli Lindungi di pintu masuk. Penggunaan aplikasi Peduli Lindungi sebagai upaya mengecek kepemilikan sertifikat vaksin Covid-19 untuk setiap tamu yang datang.

"Semua sekolah sudah kami minta menyiapkan hal itu. Tujuannya memastikan setiap tamu yang datang ke sekolah benar-benar terbebas dari paparan virus corona," kata Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus M. Zubaedi, Rabu (5/1).

Baca Juga

Melalui aplikasi tersebut, kata dia, setiap sekolah akan mengetahui seseorang telah divaksin atau belum dengan melakukan scan barcode di pintu masuk. Sedangkan masyarakat bisa mengunduh aplikasi tersebut secara gratis di Google Play Store atau App Store.

Hal itu, kata dia, sekaligus untuk menyosialisasikan aplikasi Peduli Lindungi secara gencar sebagai syarat memasuki atau menggunakan fasilitas publik. Terlebih lingkungan pendidikan yang sekarang ini tengah menjalankan pembelajaran tatap muka (PTM) dengan kapasitas siswa 100 persen.

PTM bisa dihentikan lagi ketika terjadi temuan kasus. Ia mencatat sudah semua sekolah tingkat SD dan SMP menyelenggarakan pembelajaran tatap muka dengan kapasitas siswa 100 persen.

Jumlah SD negeri dan swasta di Kabupaten Kudus sebanyak 423 sekolah, meliputi SD Negeri sebanyak 329 sekolah dan SD swasta 94 sekolah, sedangkan SMP negeri maupun swasta sebanyak 51 sekolah, meliputi SMP negeri sebanyak 25 sekolah dan SMP swasta sebanyak 26 sekolah. Hasil monitoring di beberapa sekolah, temuannya sekolah memang belum memasang barcode Pedulil Lindungi di pintu masuk.

Padahal, biaya untuk memasangnya juga tidak mahal karena bisa mencetak sendiri atau memesan di percetakan. Pantauan di SD 1 Jati Kulon, SD 2 Jati Wetan maupun SMP Kudus, belum terlihat adanya barcode Peduli Lindungi di pintu masuk.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement