Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Cara Hentikan Kebiasaan Minum Alkohol Bagi yang Telanjur Kecanduan

Selasa 04 Jan 2022 18:59 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti

Cara mudah hentikan kebiasaan minum alkohol bagi yang sudah terlanjur kecanduan (ilustrasi).

Cara mudah hentikan kebiasaan minum alkohol bagi yang sudah terlanjur kecanduan (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Bagi yang telanjur kecanduan alkohol, menghentikannya bukan hal mudah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi orang yang telanjur kecanduan minum alkohol, menghentikan kebiasaan tersebut tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Meski sulit, beberapa ahli memiliki kiat-kiat yang dapat mempermudah proses berhenti dari kebiasaan minum alkohol. Berikut ini adalah 10 kiat di antaranya, seperti dilansir di laman Mirror, Selasa (4/1/2022):

1. Lakukan bersama dengan teman

Baca Juga

Coba rencanaman beberapa aktivitas yang bisa dilakukan bersama teman, tanpa melibatkan alkohol. Bila keinginan minum alkohol muncul saat sedang sendiri di rumah, coba hubungi teman untuk berbagi cerita. Berbicara dengan teman bisa mengalihkan keinginan tersebut dan bahkan memupuk kembali motivasi untuk berhenti meminum alkohol.

2. Terbuka

Saat ingin berhenti minum alkohol, penting untuk memberitahu lingkar sosial mengenai rencana tersebut. Jelaskan pula alasan di balik rencana tersebut agar orang-orang di sekeliling bisa ikut mendukung rencana untuk berhenti minum alkohol tersebut.  

3. Cari kegiatan

Ketika berhenti minum alkohol, seseorang biasanya akan menyadari bahwa mereka kini memiliki lebih banyak waktu luang. Coba cari kegiatan pengganti minum alkohol yang menyenangkan. Misalnya, mencoba kebiasaan minum teh atau melakukan hobi pada waktu luang.

Coba buat daftar mengenai hal-hal yang ingin dilakukan. Coba lebih membuka pikiran dan hati untuk mencoba hal baru.

4. Manfaatkan kemudahan

Ada beragam hal yang bisa menunjang rencana untuk berhenti minum alkohol. Salah satunya adalah aplikasi untuk merekam kemajuan proses berhenti minum alkohol. 

Manfaatkan pula support group daring yang bisa diakses melalui internet. Support group bisa memberikan dukungan, membuka wawasan mengenai manfaat berhenti merokok, hingga membagikan kiat-kiat untuk memperlancar proses berhenti minum alkohol.

5. Bersikap positif sekaligus fokus

Pola pikir berperan besar dalam menentukan keberhasilan berhenti minum alkohol. Coba ubah cara berpikir agar tidak merasa menderita ketika tak bisa minum alkohol.

Jangan memandang berhenti minum alkohol sebagai tindakan yang membuat diri tertinggal dari orang lain. Sebaliknya, fokus pada manfaat-manfaat yang diperoleh dari berhenti minum alkohol juga sangat membantu. Mislanya, bisa menghemat dan menyimpan lebih banyak uang dan menjadi lebih jarang memiliki mood muram akibat alkohol.

6. Rawat dan hadiahi diri sendiri

Saat berupaya berhenti minum alkohol, jangan lupa untuk tetap merawat dan memperhatikan diri denhmgan berbagai cara. Hal ini penting dilakukan agar perasaan tetap baik, sehingga bisa menghadapi beragam tantangan dengan lebih mudah.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperhatikan diri sendiri adalah makan ketika lapar, minum air putih yang cukup, duduk selama 10 menit, dan luangkan waktu untuk diri sendiri. Pastikan pula mendapat tidur yang cukup, menghirup udara segar, dan melakukan hal yang membahagiakan.

Hadiahi diri sendiri ketika berhasil menjauhi alkohol. Hadiah ini bisa membantu menjaga motivasi untuk berhenti minum alkohol. Hadiah ini bisa berupa apa saja, seperti membeli hal yang diinginkan atau membeli minuman non alkohol yang disukai.

7. Kreatif membuat minuman non alkohol

Sebagai pengganti alkohol, coba berkreasi untuk membuat minuman non alkohol yang sesuai dengan selera. Ada beragam jenis minuman non alkohol yang menarik untuk dicoba. Coba kreasikan resep sampai menemukan rasa minuman yang cocok.

8. Ubah cara bersosialisasi

Salah satu hal yang kerap mempersulit usaha berhenti minum alkohol adalah kegiatan bersosialisasi, seperti minum bersama saat hang out bersama teman. Coba ubah kebiasaan-kebiasaan yang mendekatkan diri dengan kecenderungan minum alkohol. Misalnya, mengganti kebiasaan berkumpul di bar dengan teman menjadi berkumpul di kedai kopi atau berkumpul sambil olahraga bersama.

Orang yang terbiasa minum alkohol di rumah juga dapat mencari alternatif kebiasaan lain. Misalnya merajut, angkat beban, lari, berenang, membaca, menulis, journaling, mandi sepulang kerja, membaca majalah, atau menonton televisi sambil menikmati teh, kopi, atau cokelat.

9. Buang minuman

Seberapa pun besar tekad berhenti minum alkohol yang sudah dipupuk, ada kalanya motivasi dan tekad bisa menurun. Terlebih bila di rumah masih ada botol minuman alkohol yang tersimpan.

Buang atau berikan minuman alkohol di rumah kepada orang lain. Dengan begitu  minuman alkohol tak lagi bisa diakses dengan mudah dan menggoyahkan target berhenti minum alkohol.

10. Olahraga dan beraktivitas di alam terbuka

Menjauhkan diri dari alkohol bisa membuat seseorang merasa lebih termotivasi untuk bergerak aktif dan berolahraga. Hal ini terjadi karena orang yang berhenti minum alkohol tak lagi mengalami hangover. Upaya berhenti minum alkohol juga biasanya diikuti dengan keinginan kuat untuk mengubah gaya hidup.

 

Meluangkan waktu di ruang terbuka juga dapat membuat perasaan menjadi lebih baik. Meski hanya 20 menit, melihat awan, burung, hingga pepohonan bisa memperbaiki suasana hati sehingga motivasi untuk berhenti minum alkohol bisa terjaga.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA