Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Ilmuwan Rilis Gambar Mars yang Mirip Kue Red Velvet Bertabur Gula

Selasa 04 Jan 2022 12:33 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih

Mars terlihat seperti sebuah kue red velvet yang menakjubkan dari foto TGO

Mars terlihat seperti sebuah kue red velvet yang menakjubkan dari foto TGO

Foto: esa
TGO mengambil gambar dengan kawah Mars selebar 2,5 mil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah gambar dari pesawat ruang angkasa Trace Gas Orbiter (TGO) menunjukkan bagaimana Mars terlihat seperti sebuah kue red velvet yang menakjubkan. 

TGO merupakan misi bersama dari Badan Antariksa Eropa (ESA) dan Rusia (Roscosmos). Pesawat mengambil gambar dengan melihat ke bawah pada kawah Mars selebar 2,5 mil atau sekitar 4 kilometer pada tahun lalu. 

Baca Juga

Penampilan Mars yang seperti kue, berasal dari warna kontras es yang putih terang dengan tanah di planet berwarna merah seperti karat. 

ESA mengatakan bahwa es putih di kawah muncul di tempat-tempat yang tidak mendapat banyak sinar matahari. Tepi di sekitar kawah kemungkinan berasal dari material vulkanik yang gelap, sedangkan lanskap bergaris di sekitar kawah terlihat dari aksi angin.

Sejumlah ilmuwan dalam misi mengatakan bahwa gambar Mars dari atas ke bawah kawah seperti taburan gula bubuk di atas kue red velvet. Gambar disebut sangat menarik, menggugah selera dan keingintahuan lebih besar terhadap planet ini. 

TGO adalah bagian dari program ExoMars ESA dan Roscosmos, yang akan mengirim penjelajah ke planet ini akhir tahun ini. Pesawat ruang angkasa ini membuat katalog gas atmosfer dan mencari sumber air di dan dekat permukaan.

Dari TGO, sejumlah hal terdeteksi, diantaranya adalah apa yang para ilmuwan duga sebagai air tersembunyi di ngarai besar di Mars. Itu Mempertimbangkan bahwa sumber makanan kemungkinan akan dibatasi untuk penjelajah manusia masa depan di planet ini.

 
 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA