Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Indri Wahyuni

TIPE-TIPE MAHASISWA SAAT TUGAS BERKELOMPOK

Curhat | Saturday, 01 Jan 2022, 14:29 WIB

Tugas kelompok rasanya sudah sangat tidak asing lagi di telinga. Bahkan sejak dibangku sekolah dasar pun sudah pernah melakukan tugas berkelompok. Hingga di dunia perkuliahan pun tugas kelompok ini pasti sering terjadi. Dalam dunia perkuliahan, umumnya dosen akan menyuruh Kosma (Komisaris Mahasiswa) atau biasa disebut ketua kelas saat sekolah, untuk membagi teman kelasnya menjadi beberapa kelompok yang kemudian dosen akan memberikan tugas kepada masing-masing kelompok tersebut untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka sesuai dengan materi yang diberikan. Pada dasarnya dengan adanya tugas kelompok ini akan memudahkan mahasiswa karena tugasnya dikerjakan dengan bersama-sama. Tapi faktanya, tetap saja ada hambatan dalam pengerjaan tugas kelompok. Ditambah lagi dengan kondisi pandemi Covid 19 ini yang menyebabkan mahasiswa mengerjakan tugas kelompok secara online. Sebenarnya bisa saja mahasiswa mengerjakan tugas kelompok secara langsung di suatu tempat, namun karena ada mahasiswa yang rumahnya jauh sehingga lebih banyak yang mengerjakan secara online.

Selain itu, dengan adanya tugas kelompok maka mahasiswa akan menjadi lebih dekat dengan teman kelasnya satu sama lain yang kemudian bisa membentuk suatu circle pertemanan yang merasa sesuai dengan pribadi masing-masing. Biasanya dengan adanya circle ini, dunia perkuliahan dan tugas pun menjadi sedikit lebih menenangkan karena akan saling melakukan kerja sama di dalam circle tersebut. Circle pertemanan ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena sejak jaman sekolah dulu pun sudah ada yang namanya circle seperti ini. Selain itu, di dalam circle itu pun, pasti ada yang membagi cerita pengalamannya saat bekerja sama dalam tugas kelompok dengan teman kelas lainnya.

Meskipun saya masih tergolong mahasiswa di semester awal, saya merasa sudah bisa memberitahu kepada kalian tentang beberapa karakter mahasiswa. Baik, langsung saja saya bahas tentang beberapa tipe mahasiswa saat di ajak mengerjakan tugas kelompok berdasarkan yang pernah saya alami dan saya dengar desas-desus dari beberapa teman lainnya.

1. Enak Diajak Kerja Sama

Nah, ini adalah tipe mahasiswa yang paling diharapkan semua orang karena mudah untuk diajak kerja sama. Tipe mahasiswa yang seperti ini biasanya akan diperebutkan dalam dunia perkuliahan. Namun berdasarkan yang pernah saya alami, pembagian kelompok ini sudah dibagi dengan rata oleh kosma yang diperintahkan dosen sehingga mungkin saja hanya segelintir orang yang ada di dalam satu kelompok tersebut dengan tipe seperti ini, bahkan bisa saja lebih parah dari itu. Tipe ini juga biasanya akan menawarkan diri untuk membantu mengerjakan tugas apa saja, atau lebih singkat disebut dengan inisiatif. Semoga deh banyak mahasiswa yang merupakan tipe ini ya guys, karena tipe mahasiswa seperti ini yang sangat membantu dalam pengerjaan tugas kelompok.

2. Individual

Maksud dari individual disini adalah tipe seperti mahasiswa ambis. Terkadang banyak mahasiswa yang menyukai tipe temannya yang seperti ini karena dengan sifat yang satu ini, biasanya mereka tipe yang jika mengerjakan tugas harus dengan hasil yang sempurna bagi mereka. Tipe yang seperti ini akan lebih merasa puas dan tenang jika mereka sendiri yang mengerjakan langsung, meski tetap saja ada teman yang membantu dengan mencari materi.

3. Bekerja Jika Diberi Tugas Saja

Sebenernya tipe yang seperti ini masih enak untuk diajak kerja sama, namun alangkah lebih baik lagi jika semua anggota dalam sebuah kelompok berinisiatif untuk membantu atau pun menawarkan bantuan dibandingkan hanya diam menunggu perintah.

4. Si Tidak Enakan

Ini adalah tipe mahasiswa yang jika ada tugas kelompok, maka dia akan merasa tidak enak jika memerintah, mengkritik, ataupun menolak jika diberi tugas. Tipe ini adalah tipe yang selalu mengiyakan dan memendam semuanya dengan dirinya sendiri. Apakah ada diantara anda yang termasuk tipe ini? Jika ada, semoga anda bisa lebih berani lagi untuk memberitahukan apa yang sebenernya kalian inginkan.

Sebenarnya masih ada tipe yang lainnya lagi tetapi saya rasa cukup sekian beberapa tipe mahasiswa saat mengerjakan tugas kelompok yang bisa saya bagikan kepada anda. Apakah anda ada di salah satu tipe di atas? Semoga kita semua dapat mengambil hal positif dari apa yang telah saya sampaikan. Dan saya memohon maaf jika ada yang kesalahan yang kurang berkenan dihati. Terima kasih.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image