Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Ridwan Kamil Resmikan Masjid yang Dikelola Aher

Ahad 02 Jan 2022 09:18 WIB

Rep: Ari lukihardianti/ Red: Muhammad Hafil

 Ridwan Kamil Resmikan Masjid yang Dikelola Aher. Foto ilustrasi:  Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengunjungi Museum Tsunami Aceh di Jalan Sultan Iskandar Muda, Provinsi Aceh, Sabtu (25/12).   Kunjungan Ridwan Kamil ke Museum Tsunami Aceh merupakan bagian dari kunjungan kerjanya di Provinsi Aceh yang dijadwalkan berlangsung hingga Senin (27/12) mendatang.

Ridwan Kamil Resmikan Masjid yang Dikelola Aher. Foto ilustrasi: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengunjungi Museum Tsunami Aceh di Jalan Sultan Iskandar Muda, Provinsi Aceh, Sabtu (25/12). Kunjungan Ridwan Kamil ke Museum Tsunami Aceh merupakan bagian dari kunjungan kerjanya di Provinsi Aceh yang dijadwalkan berlangsung hingga Senin (27/12) mendatang.

Foto: istimewa
Masjid yang dikelola Aher diresmikan Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG --Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meresmikan Masjid Al-Barokah Islamic Center Cikadut (ICC) di Pasir Impun Atas, Kabupaten Bandung, Jumat (31/12). Islamic Center Cikadut ini diprakarsai oleh Ketua Dewan Pembina Masjid Ahmad Heryawan atau yang akrab disapa Aher.

Renovasi Masjid Islamic Center Cikadut ini menelan biaya hingga Rp1,7 miliar. Dana tersebut berasal dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) bank bjb sebesar Rp1 miliar, PT Migas Hulu Jabar sebesar Rp250 juta, dan sisanya berasal dari masyarakat luas. 

Baca Juga

Ridwan Kamil mengatakan, pembangunan masjid ini sebagai salah satu bukti untuk mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin. Oleh karena itu, Pemprov Jabar akan membagi anggaran untuk program yang bersifat lahiriah dan batiniah.

"Jawa Barat juga diberi judul namanya Juara Lahir Batin, sehingga anggaran untuk dunia disiapkan, anggaran akhirat juga," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil. 

Menurut Emil, Masjid Al-Barokah ICC ini diharapkan dapat membantu masyarakat meningkatkan keimanan dan ekonomi. Dari sisi keimanan, masyarakat bisa beribadah maupun berdakwah dengan nyaman di masjid. 

Selain itu, kata dia, ada juga program dakwah digital yang memungkinkan pesannya bisa didengar oleh banyak orang. Kemudian ada juga program Satu Desa Satu Hafidz (Sadesha). 

"Intinya yang hadir di sini berdakwahnya dengan ilmu, saya sebagai pemimpin berdakwahnya dengan tanda tangan untuk kebutuhan rakyatnya," kata Emil.

"Tugas pemimpin memudahkan urusan rakyatnya, jadi pada saat rakyatnya butuh tempat ibadah yang layak Pak Ahmad Heryawan (Aher) menyampaikan, kemudian saya fasilitasi sesuai apa yang saya sanggup," imbuhnya.

Untuk meningkatkan ekonomi keumatan, Pemda Provinsi Jabar bersama dengan bank bjb memiliki program Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra).

"Sehingga jemaah menjadi soleh karena datang ke masjid, pulangnya dapat pertolongan (kredit) dari bank bjb," kata Emil.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Masjid Ahmad Heryawan bersyukur renovasi Masjid Al-Barokah ICC bisa terwujud. Harapannya, Masjid ICC ini bisa bermanfaat untuk memakmurkan masjid. 

"Tentu sejarah masjid ini, akhirnya terwujud menjadi masjid yang insyaallah megah, tentu saja ikhtiar ini adalah ikhtiar bersama untuk mengubah masjid ini menjadi lebih baik. Mudah-mudahan menjadi pemicu untuk kita bisa memakmurkan masjid," katanya. 

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA